Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen Berorientasi Komplikasi dan Dampaknya Terhadap Sikap Kreatif Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Baleendah

Authors

  • Euis Hasanah Mutiah

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2308

Keywords:

pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Cerpen, Berpikir Kreatif

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan dan hasil wawancara dengan siswa,  pembelajaran memproduksi teks cerpen mengalami permasalahan yaitu kesulitan dalam hal pengungkapan ide. Peranan pendekatan berpengaruh terhadap permasalahan pembelajaran. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks cerpen dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif peserta didik adalah  pendekatan Contextual  Teaching  and Learning (CTL).  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pendekatan Contextual  Teaching  and Learning (CTL), keberhasilan peserta didik kelas XI SMKN 3 Baleendah dalam memproduksi teks cerita pendek berorientasi komplikasi setelah melalui penerapan  pendekatan  Contextual  Teaching  and Learning (CTL); dan mendeskiripsikan dampak positif berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Baleendah setelah melalui  penerapan  pendekatan  Contextual  Teaching  and Learning (CTL) dalam pembelajararan memproduksi teks cerpen berorientasi    komplikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model atau desain sequential exploratory dengan kuantitatif tipe one group pre tes post test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Baleendah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntasi 3  berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan nilai Zhitung  = 4,16495. Pada taraf signifikansi 0,05 besarnya nilai Ztabel = 0,00003. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai Zhitung  Lebih besar dari Ztabel  (Zhitung>Ztabel ). Hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan  Ho ditolak, Ha diterima.  Dengan demikian  hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan bahwa peserta didik berhasil memproduksi teks cerpen dengan baik dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran memproduksi teks cerpen berorientasi komplikasi. Dengan demikian  hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan bahwa peserta didik berhasil memproduksi teks cerpen dengan baik dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran memproduksi teks cerpen berorientasi komplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Jakarta: Dirjen pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, Syaiful B. dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Indrawan, Ruly.P. Y. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Jamaris, Martini. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas

Murni, Kirk, R.E. 2013. Experimental design. Handbook of Psychology,Vol.2: Research Methods in Psychology (2nd ed.) PP.3-33. Available at: https: //auth.lib.unc.edu/ ezproxy_auth.php?url=http:// search.ebscohost.com/

Published

2020-11-20