Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berorientasi Majas dalam Hubungannya Dengan Kreativitas Berbahasa Siswa Kelas VII SMPN I Cileunyi Menggunakan Model Project Based Learning

Authors

  • Susi Susyati

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2304

Keywords:

menulis teks deskripsi berorientasi majas, kreativitas berbahasa, Project Based Learning (PBL)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar mempunyai arti penting karena dapat membantu proses pembelajaran yang semakin efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas dan kreativitas pada siswa kelas VII SMP N I Cileunyi dengan penerapan model Project Based Learning dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan tipe penyisipan (the embedded design). Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan model desain kontrol prates dan pascates berpasangan (matching pretest-posttest control group desain). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa SMP N I Cileunyi kelas VII terdiri atas 2 kelas, masing-masing berjumlah 43 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas pada siswa kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan. Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas berbahasa pada kelas eksperiemen dengan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan pula bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas dan kreativitas berbahasa pada siswa kelas VII SMP N I Cileunyi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Akdon. 2008. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: ALFABETA.

Akhadiah, S.2003. Pembinaa Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, A.Chaedar dan Senny Suzanna. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

AlTabany, T.I.B. 2014.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, ProgresifdanKontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amri, Sofian. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Awang & Ramly. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem Based Learning: Pedagogy and Practice in The Engineering Classroom. International Journal of Human and Social Sciences 3(1), halm. 18-23.

Guilford, J.P. 1973. Characteristic of Creativity Illinois: Departemen for Exeptional Children.

Hidayati, Panca Pertiwi. 2015. Pedoman Penulisan Tesis. Bandung: Prodi Magister Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Universitas Pasundan.

Ishak, S. 2014. Cara Menulis Mudah. Jakarta: ElexMedia Komputindo.

Iskandarwassid. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Johnson, Elaine B. 2011.Contextual Teachingand Learning: Menajdi Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna (Terjemahan). Bandung: PT Kaifa. Kemendikbud.2016. Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta. Kemendikbud.

Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mahsun, M.S 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marahimin, Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta : Pustaka Jaya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Karya.

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: Gramedia.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.

P4BPSDMP&K. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

Ratna, Nyoman Khuta. 2009. Stilistika Kajian Puitika Bahasa Sastra, dan Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rosyadi, A. Rahmat. 2008. Menjadi Penulis Profesional itu Mudah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Semi, A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Soedjito. 2010. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Gramedia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutirman. 2013. Media & Modelmodel Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Dunia Cerdas. 2013. Peribahasa Majas Pantun untuk Pelajar, Mahasiswa, Guru/Dosen, Umum. Jakarta: Dunia Cerdas.

Published

2020-11-20