Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi dan Kreativitas Siswa SMP

Authors

  • Eka Helahatin Effendi

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i1.2294

Keywords:

model problem based learning, teks laporan hasil observasi, kreativitas.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dan kreativitas melalui penggunaan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model  problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa meningkat sebesar 0,229, (2) Pengaruh penggunaan model problem based learning sebesar 2% dan pembelajaran konvensional sebesar 0,6%. Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran terlihat dari hasil observasi yang dilakukan, (3) Terdapat pengaruh penggunaan model  problem based learning terhadap peningkatan kemampuan kreativitas siswa meningkat sebesar 0,028, (4) Pengaruh penggunaan model problem based learning sebesar 8,9% dan pembelajaran konvensional sebesar 0,3%. Respons dan antusias peserta didik telihat dalam melakukan pengamatan terhadap suatu objek serta dapat menguraikan permasalahan hingga menyelesaikan masalah, (5) Terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi dan kreativitas siswa, dan (6) Penerapan model problem based learning menarik dan menyenangkan bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data angket, observasi, dan wawancara yang dilakukan peserta didik memberikan respon positif, antusias, aktif, dan kreatif mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-16