Kajian Sosiologi Sastra Berorientasi Pendidikan Karakter pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra di SMP

Authors

  • Ujang Ridwan

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2287

Keywords:

sosiologi sastra, pendidikan karakter, novel, pembelajaran sastra

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karya sastra yang memuat nilai pendidikan karakter sebagai bahan ajar sastra, karena isinya dapat memotivasi dan menginternalisasi penguatan karakter peserta didik. Tujuan  penelitian ini untuk mendeskripsikan potret fenomena sosial dan nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ditinjau dari kajian sosiologi sastra. Selain itu, akan dideskripsikan bagaimana pemanfaatan hasil kajian sosiologi sastra berorientasi pendidikan karakter pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMP. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis pustaka dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Potret fenomena sosial pada novel Laskar Pelangi meliputi empat hal yaitu pendidikan, kemiskinan, remaja, dan keagamaan; (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi meliputi lima nilai karakter utama yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. (3) Hasil kajian sosiologi sastra berorientasi pendidikan karakter  pada novel Laskar Pelangi selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan ajar e-learning sesuai dengan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, aspek bahasa, dan psikologis. Setelah melalui tahap validasi dan uji coba, bahan ajar e-learning dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan  pembelajaran sastra di SMP. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakata: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Kriminal. Jakarta.

Hidayati, R.P.P. 2009. Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.

Hirata, Andrea. 2008. Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Kemendikbud. 2016. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta.

Rahmanto, B. 2008. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

___________. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaniawati, Poppy. 2010. E-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: CV Arfino Raya.

Published

2021-05-15