Penggunaan Model Project Based Learning dalam Menulis Puisi Berorientasi Kearifan Lokal dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padalarang

Authors

  • Sunarti -

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2286

Keywords:

model Project Based Learning (PBL), menulis puisi, kearifan lokal, dan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik dalam menulis puisi bertema keindahan alam yang berorientasi kearifan lokal Situ Ciburuy dengan menggunakan model Project Based Learning (PBL) dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 2 Padalarang dengan sampel kelas X MIPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 5 (kelas control). Metode penelitian yang digunakan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis puisi, lembar observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi yang menggunakan model PBL dengan kelas yang menggunakan metode karya wisata. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model PBL lebih berkualitas, sehingga model PBL dapat dijadikan alternatif model dalam pembelajaran menulis puisi.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herdian. (2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. [Online] Tersedia: http://www. herdy07.com

Indrawan, R. dan Yaniawati, R.Poppy (2014.) Penelitian Metodologi. Bandung; Refika Aditama.

Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

____________ (2013). Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). http/www.staff.uny.ac.id

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 02 no.02.

Suryaman, Maman. (2010). Strategi Pembelajaran Sastra (Diktat Mata Kuliah). Yogyakarta: JPBSI FBS UNY Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan 3 Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses.

Published

2021-05-15