Pembelajaran Menulis Teks Drama Berorientasi pada Ketepatan Diksi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik MTs Karyabakti Tasikmalaya dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

Authors

  • Eka Putri

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2282

Keywords:

teks drama, diksi, berpikir kreatif, project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi pada ketepatan diksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTS Karyabakti Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, dan angket. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setelah dianalisis berdasarkan hasil uji coba instrumen dengan uji statistik (uji validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretes dan postes, jumlah nilai kelas pretes dan postes, mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan uji wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif meningkat setelah menggunakan model project based learning. Nilai rata-rata pretes sebesar 61.83, dan rata-rata postes sebesar 84.50. Indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh data test Statistics nilai dari Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 atau kurang dari 0,05. Maka dapat diambil simpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi ketepatan diksi pada peserta didik yang menggunakan model project based learning dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : PT Refika Aditama.

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Baihaqi, MIF. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung : Refika Aditama.

Darmawati, Uti dan Yustina Budi Artati. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Semester 2. Klaten : PT Intan Pariwara.

Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. M.S. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Munandar, Utami. (2010). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Guru dan Para Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

Sutirman. (2013). Media &ModelModel Pmebelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sukmadinata,

Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2021-11-28