Kajian Mimetik Terhadap Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Relevansinya Dengan Tuntutan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di SMP

Authors

  • N. Tito Saridah

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2278

Keywords:

Kajian mimetik, unsur intrisik, nilai-nilai pendidikan karakter

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah konteks nilai karakter religius, jujur, mandiri dan rasa ingin tahu dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ditinjau berdasarkan kajian mimetik? 2) Bagaimanakah  jenis nilai pendidikan karakter pada unsur intrinsik novel Laskar Pelangi untuk siswa SMP kelas VIII? 3) Bagaimanakah hasil penelitian yang relevan dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VIII? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan: aspek kajian mimetik berupa pencerminan, peniruan, dan pembayangan dalam Novel Laskar Pelangi, jenis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi, kesesuaian hasil analisis kajian mimetik terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi  dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VIII. Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya analisis terhadap nilai-nilai karakter menggunakan kajian mimetik, Novel Laskar Pelangi layak dijadikan bahan ajar karena nilai-nilai karakter di dalamnya sudah sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa SMP kelas VIII. Novel Laskar Pelangi dijadikan objek penelitian dalam materi teks ulasan. Kesesuaian tersebut telah dibuktikan dengan melakukan wawancara kepada tiga guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil wawancara menunjukkan, bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi sudah relevan dengan tuntutan bahan ajar siswa kelas VIII. Hasil penelitian dapat dijadikan salah satu upaya pembelajaran siswa mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, edisi revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Audrey & S. Howard Nicholls. 2001. Developing a Curriculum: A Partical Guide New Edition. London.

George Allen & Unwin. Balitbang, Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Jakarta: Depdiknas

Emzir & Rohman, Saifur. 2016. Teori dan Pegajaran Sastra. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayati, P.P. 2010. Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.

Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa; pedoman sekolah. Tidak terbit. Kesuma, Dharma. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, R. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda.

Raka, Gede, dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Elexmedia Komputindo

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salahudin, Anas. Dkk. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Semi, Atar. 2013. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa. Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Wahyuningtyas, Sri dan Santosa, Wijaya Heru. 2011. Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuna Pustak.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Published

2021-11-28