Pembelajaran Menulis Teks Resensi dengan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak

Authors

  • Frezzalia Nurina

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2276

Keywords:

Model Project Based Learning, Menulis Teks Resensi, Cerpen, Berpikir Kritis

Abstract

Model Project Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan temannya dalam menuangkan daya berpikirnya untuk menyelesaikan proyek yang ditugaskan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen, perbedaan signifikansi kemampuan menulis teks resensi cerpen, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan signifikansi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap sampel dua kelas. Satu kelas pembandingnya merupakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menerapkan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks resensi cerpen, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen lebih tinggi pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan selisih rata-rata sebesar 5,38, 2) terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan signifikansi lebih baik terhadap kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,007< 0,05 batas nilai signifikan, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata sebesar 4,84, 4) perbedaan yang signfikan terjadi dalam hal kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas, selisih rata-rata kelas eksperimen sebesar 9,45 sedangkan kelas kontrol sebesar 4,61 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dibandingkan model yang diterapkan pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, S. (2008). Teknik Membuat Resensi Buku. http://wedangjae.com.

Alhammed and Saleh. (2014). The Effect of Using the Process Approach to Writing Developing University Student’s Essay Writing Skills in EFL. International Journal of Linguistics and Communication. Diakses di https://ijlcnet.com/journals/ijlc 20 Juni 2018.

Anggraeni. 2015. Keefektifan Strategi QAR (Question –Answer Relationship) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Ulasan. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/23155/1 /SKRIPSI.Pdf. Diakses 14 Februari 2018.

ASC. (2010). Writing Academic Reviews. Peterborough Oshawa. Trent University. https://www.trentu.ca/academic skills/ Diakses 20 Juni 2018.

AWC. (2018). Writing a Critical Review. Academic Writing Center. https://awc.metu.edu.tr. Diakses tanggal 22 Juni 2018.

Dias and Brantley. (2017). Setting the Standar for Project Based Learning: A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Diakses di http://ijpgl.org 20 Juni 2018.

Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assessment of ProjectBased Learning in a Flexible Environment. International Journal of Technology and Design Education. Di akses tanggal 17 Juni 2018 di https://pdfs.semanticscholar.org /.

Du, Xiangyun, Kolmos, Anette. (2006). Process Competencies in a Problem and Project Based Learning Environment. Denmark. Albork University. Diakses https://vbn.aau.dk 20 Juni 2018.

Fatima, S. (2012). Teaching Report Writing Skills Through Communicative Actives. American Internatioanl Journal of Contemporary Research. Vol. 2 No. 2. Journal Online http://aijcrnet.com/journals/. Diakses tanggal 18 Juni 2018. Feranie, S. (2017). Enchancing Critical Thinking Skills and Writing Skills through the Variation in Non-Traditional Writing Task. International Journal of Instruction. Diakses di www.e-iji.net 20 Juni 2018.

Han & Bhattacharya. (2001). Contructionism, Learning by Design, and Project Based Learning. Diakses di http://www.coe.uga.edu/epltt/le arningbydesgyn.thm tanggal 21 Januari 2018.

Iis, AP. (2016.) Pembelajaran Teks Ulasan Film dan Drama pada Kurikulum 2013 bagi Siswa Kelas XI. Skripsi Diakses di http://eprints.uny.ac.id/31473/1/ SKRIPSI.pdf 20 Juni 2018.

Iqbal 2016. Pengaruh Model Project Base Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Siswa. Skripsi dapat diakses di http://digilib.unila.ac.id/21531/3 /SKRIPSI%20TANPA%20BA B%20PEMBAHASAN.pdf 20 Juni 2018.

Kusneni, dkk. (2012). Prosiding Bahasa & Sastra Indonesia: Pengengembangan Kebahasaan dan Kesusastraan Melalui Nilainilai Kearifan Lokal untuk Penguatan Jati Diri Bangsa. Jurnal online tersedia di http://staff.uny.ac.id/sites/defaul t/files/penelitian/Setyawan%20 Pujiono,%20M.Pd./Berpikir%2 0Kritis%20dalam%20Pembel% 20Membaca%20dan%20Menuli s%20%28Prisiding%20%20PIB SI%29.pdf.

Lasauskiene and Rauduvaita (2015). Project Based Learning at University: Teaching Experiences of Lectures. Journal social and behavioral sciences. Diakses di www.sciencedirect.com 20 Juni 2018.

Lelana. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi: Tidak diterbitkan.

Marlina. (2012). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Media Ajar Kliping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kompetensi Dasar Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan. Journal dapat diakse di http://journal.unnes.ac.id/sju/ind ex.php/eeaj. 18 Juni 2018.

Downloads

Published

2021-11-28