Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Santri Baru Pondok Pesantren Riyadul ‘Ulum Wadda’wah Melalui Interaksi Sehari-Hari

Authors

  • Ilvi Nur Aulia Heryadi Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam, Jawa Barat, Indonesia
  • Amelia Citra Agustin Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam, Jawa Barat, Indonesia
  • Irma Irma Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam, Jawa Barat, Indonesia
  • Annisa Rahmani Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam, Jawa Barat, Indonesia
  • Sania Dina Fajriani Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam, Jawa Barat, Indonesia
  • Rahmat Mulya Nugraha Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v6i1.24621

Keywords:

Pemerolehan kosakata, Bahasa Arab, Santri baru, Interaksi sosial, Lev Vygotsky

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemerolehan kosakata bahasa Arab oleh santri baru di Pondok Pesantren Riyadul ‘Ulum Wadda'wah Tasikmalaya melalui interaksi sehari-hari dengan menerapkan teori sosiolinguistik Lev Vygotsky. Santri baru sering menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan penggunaan bahasa Arab, khususnya dalam interaksi sehari-hari di lingkungan pesantren. Interaksi sosial antara santri, pengasuh, dan guru memiliki peran penting dalam membantu santri memahami dan menguasai kosakata baru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemerolehan kosakata, menganalisis dampak interaksi sosial, serta mengidentifikasi faktor-faktor sosial yang mendukung atau menghambat proses pemerolehan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dan scaffolding dari Vygotsky digunakan sebagai acuan untuk memahami bagaimana interaksi sosial dapat memfasilitasi santri dalam mengatasi kesulitan belajar kosakata bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengungkap pola pemerolehan kosakata di kalangan santri baru serta faktor-faktor pendukung yang berperan dalam proses tersebut. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pengajaran bahasa Arab yang lebih efektif di pesantren serta memperkaya kajian sosiolinguistik di bidang pendidikan bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhsan, A., & Muhammadiyah, A. (2020). Model Belajar Dan Pembelajaran Bahasa Arab Generasi Milenial. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 105- 119.

Annisa, M. N., Arista, D., La Udin, Y., & Wargadinata, W. (2023). Pemerolehan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (kajian psikolinguistik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2), 468-484.

Annisa, Maryam Nur, Dian Arista, Yadin La Udin, and Wildana Wargadinata. 2023. “Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik).” A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 12(2): 468–84.

Asmuki, A., & Muhammadiyah, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Dasar Pengembangan Keterampilan Membaca Kitab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 49-64.

Faidah, M. M. (2022). Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Lirik Lagu “Senandung Rindu” Syubbanul Muslimin Perspektif Sosiolinguistik. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 122-131.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik.

Lentera, 17(1).

Hendri, Muspika. 2017. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3(2): 196–210.

Juwita, Putri, and others. 2024. Bahasa Indonesia SD: Panduan Praktis Untuk Mahasiswa PGSD. Penerbit NEM.

Makinuddin, M. (2016). Lingkungan Bahasa Arab Di Pemondokan Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. MarajiJournal of Islamic Studies, 3(1), 232-250.

Nugraha, Rahmat Mulya et al. 2024. “Pelatihan Keterampilan Kebahasaan Arab Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Akhir Ponpes Darussalam Rajapolah.” Jurnal Peradaban Masyarakat 4(2): 38–45.

Nugraha, Rahmat Mulya, Mohammad Ridwan, Samsul Bahri, and Mohammad Wizdan Faiq Fadhillah. 2023. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Aktif Bagi Siswa SMP Terpadu Al-Amin Tasikmalaya.” JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat 1(2): 93–97.

Nurjaman, I., & Rachmi, T. (2019). Persepsi orang tua terhadap pemerolehan bahasa Inggris anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(2), 82-90.

Putriyanti, L., & Sulianto, J. (2024). Analisis Perkembangan Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 568-578.

Qibtiyah, M., & Ruhenda, H. (2013). Hubungan Antara Penggunaan Bahasa Ibu Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di RW 10 Kelurahan Sukadamai Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. ANDRAGOGI, 13(1).

Rasid, Husni Muhammad, Ali Maulida, and Wartono Wartono. 2024. “Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab Maharat Al-Kalam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Santri Kelas Viii Di Smpt Darussalam Tasikmalaya.” Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah 4(01): 159–70.

Riskiyah, Ike, and Muzammil Muzammil. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Pesantren Di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Karanganyar Paiton Probolinggo.” EDISI 2(1): 25–39.

Rosalinda, R. (2022). Penguasaan Mufradat (Kosakata) Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method). Serambi Konstruktivis, 4(1), 103-115.

Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198-206.

Utami, S. (2014). Bahasa Sebagai Maha Identitas Manusia. Jurnal Cemerlang, 2(2).

Wicaksono, Andri, and Ahmad Subhan Roza. 2015. Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca.

Downloads

Published

2025-05-03