Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas XII SMK Al Falah Dago Bandung

Authors

  • Rina Rahmawati Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2303

Keywords:

discovery learning, membaca pemahaman, dan berpikir kritis

Abstract

 Artikel ini membahas tentang prosedur pembelajaran membaca pemahaman teks berita dengan menggunakan model  discovery learning dengan komponen-komponennya. Serta membahas dampak dari membaca pemahaman terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Tempat penelitian ini di SMK Al Falah Dago Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitumixed methods. Dengan  menggunakan model sequential exploratory. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk menganalisis secara kualitatif. Teknik tes digunakan untuk menganalisis data secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: model pembelajaran discovery learning mempunyai manfaat yang besar dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan berpengaruh positif pada kualitas komunikasi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa. Model discovery learning memudahkan guru mengelola proses pembelajaran, siswa cenderung aktif, saling berdiskusi, bertanya pada teman dan guru, berbagi kemampuan, saling memberi masukan, bekerjasama, dan saling berpikir kritis untuk menyelesaikan tugas-tugas siswa. Model discovery learning sangat baik dan sudah sangat sesuai dilakukan pada pembelajaran  membaca pemahaman dengan materi teks berita.  Komponen-komponen pembelajaran yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran kondusif, aman, lancar, dan kooperatif. Keberhasilan model discovery learning dibuktikan dengan hasil postes yang diperoleh siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan membaca pemahaman berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMK AL Falah Dago Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin,Yunus. (2012).Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus .(2015). Pembelajaran Multiletarasi. Bandung: Refika Aditama

Ahuja, Pramita dan Ahuja.G.C. (2010). Membaca secara Efektif dan Efisiean. Bandung : PT Kiblat Buku Utama.

Ariani, Hani. (2013). Pengaruh Metode Inquiry terhadap kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas XI Akutansi pada Kompetensi Dasar Mengentri Saldo Awal di SMKN 1 Garut). Bandung : UPI

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

De Potter, Bobbi, dkk. (2013) Quantum Learning, Membasaan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Gunawan, Adi W. (2003). Genius Learning Strategi Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan

Accelarated Learning. Jakarta: Gramedia Pustakawan Utama

Hasanah, Ninah. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Trading Place Berorientasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Membaca Artikel Ilmiah Populer Pada Siswa SMA Negeri Garut Kelas XI. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayati, L. (2011). Membaca Cepat. Yogyakarta:Fire Publiser

Hidayati, R.P.P. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Aditama

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda

Joyce, B. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kemendikbud. (2015). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan AkademikTingkat SMA/SMK Kelas XII

Mulyati, Yeti. (2011). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pemecahan Masalah” Dalam Jurnal Artikulasi Vol. 10, No. 1, Mei 2011

Nggermanto, Agus. (2001). Quantum Quotient. Bandung: Nuansa

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Berbahasa. Yogyakarta: BPFE

Nurhayati. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui pendekatan SAVI Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri Godean. Yogyakarta Eprint@UNY

Saepurokhman, Asep. (2002). Kontribusi Minat dan Kebiasaan Membaca Mahasiswa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di STKIP Sebelas April Sumedang. Bandung: UPI

Slameto. (1995). Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit ALFABETA

Somadyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tampubolon. (1990). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa

Tampubolon. (1987). Perkembangan Bahasa Indonesia di Nusantara. Jakarta: Imbara

Tarigan, H,G. (1979). Membaca sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H,G. (1994). Membaca Ekspresif . Bandung: Angkas

Zamroni dan Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Depdiknas.

Published

2020-11-20