PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XII SMK AL FALAH DAGO BANDUNG
Keywords:
discovery learning, membaca pemahaman, dan berpikir kritisAbstract
Artikel ini membahas tentang prosedur pembelajaran membaca pemahaman teks berita dengan menggunakan model discovery learning dengan komponen-komponennya. Serta membahas dampak dari membaca pemahaman terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Tempat penelitian ini di SMK Al Falah Dago Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitumixed methods. Dengan menggunakan model sequential exploratory. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk menganalisis secara kualitatif. Teknik tes digunakan untuk menganalisis data secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: model pembelajaran discovery learning mempunyai manfaat yang besar dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan berpengaruh positif pada kualitas komunikasi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa. Model discovery learning memudahkan guru mengelola proses pembelajaran, siswa cenderung aktif, saling berdiskusi, bertanya pada teman dan guru, berbagi kemampuan, saling memberi masukan, bekerjasama, dan saling berpikir kritis untuk menyelesaikan tugas-tugas siswa. Model discovery learning sangat baik dan sudah sangat sesuai dilakukan pada pembelajaran membaca pemahaman dengan materi teks berita. Komponen-komponen pembelajaran yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran kondusif, aman, lancar, dan kooperatif. Keberhasilan model discovery learning dibuktikan dengan hasil postes yang diperoleh siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan membaca pemahaman berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMK AL Falah Dago Bandung.Downloads
References
Abidin,Yunus. (2012).Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abidin, Yunus .(2015). Pembelajaran Multiletarasi. Bandung: Refika Aditama
Ahuja, Pramita dan Ahuja.G.C. (2010). Membaca secara Efektif dan Efisiean. Bandung : PT Kiblat Buku Utama.
Ariani, Hani. (2013). Pengaruh Metode Inquiry terhadap kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas XI Akutansi pada Kompetensi Dasar Mengentri Saldo Awal di SMKN 1 Garut). Bandung : UPI
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
De Potter, Bobbi, dkk. (2013) Quantum Learning, Membasaan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Gunawan, Adi W. (2003). Genius Learning Strategi Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan
Accelarated Learning. Jakarta: Gramedia Pustakawan Utama
Hasanah, Ninah. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Trading Place Berorientasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Membaca Artikel Ilmiah Populer Pada Siswa SMA Negeri Garut Kelas XI. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Hidayati, L. (2011). Membaca Cepat. Yogyakarta:Fire Publiser
Hidayati, R.P.P. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Aditama
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda
Joyce, B. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemendikbud. (2015). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan AkademikTingkat SMA/SMK Kelas XII
Mulyati, Yeti. (2011). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pemecahan Masalah” Dalam Jurnal Artikulasi Vol. 10, No. 1, Mei 2011
Nggermanto, Agus. (2001). Quantum Quotient. Bandung: Nuansa
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Berbahasa. Yogyakarta: BPFE
Nurhayati. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui pendekatan SAVI Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri Godean. Yogyakarta Eprint@UNY
Saepurokhman, Asep. (2002). Kontribusi Minat dan Kebiasaan Membaca Mahasiswa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di STKIP Sebelas April Sumedang. Bandung: UPI
Slameto. (1995). Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit ALFABETA
Somadyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tampubolon. (1990). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tampubolon. (1987). Perkembangan Bahasa Indonesia di Nusantara. Jakarta: Imbara
Tarigan, H,G. (1979). Membaca sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, H,G. (1994). Membaca Ekspresif . Bandung: Angkas
Zamroni dan Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Depdiknas.