Pengembangan Model Instrumen Penilaian Autentik Berorientasi pada Pengukuran Aktivitas dan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Deskripsi

Authors

  • Iis Maisah

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i1.2297

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis, kurang baiknya aktivitas menulis, dan lemahnya karakter siswa selama proses pembelajaran memproduksi teks deskripsi. penyebab munculnya masalah ini karena  penilaian autentik belum digunakan selama proses pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Penelitian ini, menggunakan metode campuran yang direlevansikan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Katapang Kabupaten Bandung. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan nontes. Data hasil penelitian diolah  dengan menggunakan teknik pengolahan data  kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model instrumen penilaian autentik terbukti efektif meningkatkan kemampuan memproduksi teks deskripsi, mengambangkan aktivitas belajar dan mengembangkan karakter siswa dalam pembelajaran memproduksi teks deskripsi. model yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa model instrumen penilaian proses dan penilaian hasil kerja siswa, yang didalamnya terintegrasi kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap berdasarkan Kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran.dalan Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama.

Arifin, Zainal. 2013. Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum. Jakarta: PSDMPK-PMP.

Kunandar. 2013. Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajagrafindo.

Nurgiyantoro, B. & PujiyatiSuyata.(2009). Pengembangan Model Asesment Autentik dalam Pembelajaran Bahasa. Cakrawala Pendidikan.

Muchlas. 2011. Pendidikan Karakter.

Bandung: Rosdakarya. Mulyasa. 2011. Kurikulum berbasis kompetensi konsep, karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfibate. Suyanto. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter (online). (http:// waskitamandiribk.wordpress.com/ 2010/06/02/urgensi-pendidikankarakter/ :diakses tgl 15 Desember 2016)

Published

2020-05-16