Penggunaan Strategi Pemetaan Pikiran Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Kritis Dalam Bahasa Inggris

Authors

  • Thomas Kartomo Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.19764

Keywords:

Pemetaan Pikiran, Membaca Kritis, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Kemampuan membaca kritis merupakan keterampilan penting dalam penguasaan bahasa Inggris yang memungkinkan siswa Sekolah Penabur, Tangerang Selatan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi teks secara mendalam. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan ini karena keterbatasan dalam mengorganisasi informasi dan memahami hubungan antara ide-ide utama dalam teks. Artikel ini bertujuan untuk meneliti efektivitas strategi pemetaan pikiran (mind mapping) dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa. Pemetaan pikiran adalah teknik visualisasi yang membantu siswa menghubungkan konsep-konsep utama dan mendetailkan informasi dengan cara yang terstruktur. Penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pemetaan pikiran dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan strategi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan pemetaan pikiran menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan analisis kritis teks. Selain itu, strategi ini juga memperkuat keterampilan siswa dalam mengorganisasikan informasi secara logis dan mendalam. Dengan demikian, pemetaan pikiran dapat dijadikan sebagai metode yang efektif dalam pengajaran bahasa Inggris untuk mengembangkan keterampilan membaca kritis. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya pelatihan pemetaan pikiran dalam kurikulum pengajaran bahasa untuk meningkatkan kompetensi literasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasya, D. S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskriptif di Sekolah Dasar melalui Model Pemetaan Pikiran: Sebuah Studi Kuasi-Eksperimental. Lebah, 18(1), 11–18.

Ati Miranti, N. P. M., & others. (2018). KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERTEMA RELIGI DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN. Perpustakaan Pascasarjana.

Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211–226.

Haryadi, R. N., & Riyanto, S. (2023). Menavigasi Tantangan Linguistik: Pengalaman Mahasiswa Internasional di Lingkungan Bukan Pemakai Bahasa Inggris Asli dan Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berbicara. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 138–144.

Hidayati, R. P. P. (2009). Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Melalui Model Analisis Wacana Berorientasi Peta Berpikir Kritis Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah FKIP UNPAS Bandung. Educationist, 3, 110–129.

Nafis, A. A. (2024). Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. Aneka Inovasi Pembelajaran Dari Studi Kepustakaan, 6(2), 33.

Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum, 10(1), 49–62.

Pageyasa, W. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanggetada Melalui Strategi Pemetaan Pikiran dalam Pembelajaran Berbasis Inquiry dan Learning Community Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 46–66.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rianita, L. D. D. (2024). Status Quo Bahasa Inggris Sebagai Lingua Franca: Peluang Dan Tantangan. OPTIMALISASI PEMBELAJARAN, 33.

Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.

Tanjung, H. R. S., Octavia, M. A. N., & Irawan, S. G. (2024). Upaya Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Mind Mapping) Dalam Pembelajaran Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(2), 71–80.

Downloads

Published

2024-11-14