Eksplorasi Peran Orang Tua dalam Mendukung Pencapaian Prestasi Belajar Siswa di MTs Al Idrus Bogor
DOI:
https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.10484Keywords:
Peran Orang Tua, Prestasi Belajar, MTS Al IdrusAbstract
Prestasi belajar adalah indikator utama dalam menilai efektivitas pendidikan, dan peran orang tua dalam mencapai prestasi belajar yang optimal pada peserta didik di MTs Al Idrus Bogor tidak dapat diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar peserta didik di lembaga pendidikan ini. Untuk itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan wawancara mendalam kepada orang tua siswa sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar anak di MTs Al Idrus Bogor. Pertama, orang tua berfungsi sebagai motivator utama dengan memberikan dukungan emosional dan motivasi yang konsisten kepada peserta didik mereka. Kedua, mereka berperan sebagai pengawas, secara rutin memantau perkembangan akademik peserta didik dan memberikan bimbingan jika diperlukan. Selanjutnya, orang tua juga berperan sebagai fasilitator dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah dan membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Partisipasi aktif orang tua dalam pendidikan peserta didik mereka di MTs Al Idrus Bogor adalah faktor kunci dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya peran orang tua dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang suportif dan mendorong motivasi belajar anak. Dengan peran yang terkoordinasi dan berkelanjutan dari orang tua, diharapkan prestasi belajar siswa dapat terus meningkat dan mencapai tingkat yang lebih tinggi di masa depan.Downloads
References
Asmiati, A., Sumardi, L., Ismail, M., & Alqadri, B. (2022). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat melanjutkan studi anak pada masyarakat nelayan di desa seruni mumbul kabupaten lombok timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 786–793.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.
Candra, T. N. P., & Rizal, M. N. (2021). Sekolah Menyenangkan: Konsep Sekolah yang Mempromosikan Well-Being Berdasarkan Suara Anak-Anak, Orangtua dan Guru di Indonesia: Grounded Analisis. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 76–94.
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30.
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15–31.
Harding, D., Kadiyono, A. L., & Talitha, R. (2020). Organizational Citizenship Behaviour Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Di Sekolah. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 65–72.
Jami, D. Z., & Susanti, I. (2023). Implementation of transformative da'wah its implications on character education in marginal children. Jurnal Ilmu Dakwah, 43(1), 231-248.
Kemala, R., Susanti, I., Muharam, A., & Darmalaksana, W. (2022, June). Pola Asuh dalam Pandangan Zainuddin Fananie. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 9, pp. 164-170).
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438.
Muharam, A. (2023). SKEPTIS AKADEMIS SULAIMAN AS TERHADAP ARGUMENTASI POLITIS DAN TEOLOGIS HUD HUD DALAM WAHANA SEMIOTIKA ALGIRDAS GREIMAS. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 8(02).
Musya�Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 9–27.
Putra, R. (2023). Pola Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru dalam Pendidikan Awal Anak. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Putri, S. A., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Upaya Orangtua dalam Menerapkan Perilaku Beragama Islam pada Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14762–14770.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.
Shofiyyah, N. A., Muharam, A., Komarudin, T. S., & Juita, D. R. (2023). Empowering the Youth in Islamic Philanthropy: Cross-Cultural Perspectives and Global Experiences. SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(3), 58-74.
Suwarno, S. A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam: Teori, Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Penerbit Adab.
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139.
Yenti, S., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79–96.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irawati Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.