ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MENULIS BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDI KHALIFAH SERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9996Abstract
ABSTRACT The low Learning outcomes of students in Indonesian is due to the inadequate application of learning models to make students more active in participating in learning activites, so that a more creatives. Indonesian is the official language of the State of Indonesia and is the language of instruction in the world of education in Indonesia. The ability to write is an important aspect of learning Indonesian, because writing is an effective way of communication to convey ideas, ideas and knowledge. The research aims to describe the writing problems of fifth grade students in learning Indonesian at SDI Khalifah Serang for the 2022/2023 academic year. Research using qualitative research with collection techniques, namely interviews, questionnaires, documentation. The results of the qualitative research showed that there were 12 students who did not understand when the teacher delivered Indonesian material in class. Based on the results above, it can be concluded that class V students at SDI Khalifah Serang still have difficulty learning Indonesian. SDI Khalifah Serang is one of the elementary schools that is committed to improving the quality of learning Indonesian, including the writing skills of fifth grade students. The strategy in learning to write still has problems in achieving optimal results. Keywords: Analysis, Writing Ability, Indonesian Learning. ABSTRAK Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang mampu membuat peserta didik lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga diperlukan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Bahasa Indonesia adalah Bahasa resmi Negara Indonesia dan merupakan Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, karena menulis adalah salah satu cara komunikasi yang efektif untuk menyampaikan ide, gagasan, dan pengetahuan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan menulis peserta didik kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDI Khalifah Serang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan yaitu wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian kualitatif ada 12 siswa yang tidak memahami ketika guru menyampaikan materi Bahasa Indonesia didalam kelas. Berdasarkan hasil tersebut diatas maka disimpulkan peserta didik kelas V SDI Khalifah Serang masih berkesulitan mempelajari Bahasa Indonesia. SDI Khalifah Serang merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, termasuk kemampuan menulis siswa kelas V. Strategi dalam upaya pembelajaran menulis masih terdapat permasalahan dalam mencapai hasil yang optimal. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Quipper School. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334-350.
Sumarni, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Setelah Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 206-218.
Sutardi, A. (2010). Model Penilaian
Bahasa Indonesia Dalam
Pelaksanaan Kurikulum Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Dan
Kebudayaan, 16(2), 215-227.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.