DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aenun Putri Yuliani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9972

Abstract

ABSTRACT The rapid development of the times has caused various fields to experience an increase, one of which is in the field of technology. One of the influences of the field of technology is the internet. But the internet has both positive and negative impacts. The positive impact of the internet is getting various information, while the negative impact is online games. So the purpose of this study was to determine the impact of using online games on the social and emotional development of students aged 6-12 years. This type of research is literature study, which is included in the qualitative method. The method used in collecting data is in the form of documentation sourced from journals. The results of this study indicate that there are many negative impacts from excessive use of online games such as lack of interaction with peers and children having more aggressive traits. But besides the negative impact, online games also have a positive impact, namely improving children's skills. Apart from the impact of online games, of course there must be a reason why a child becomes addicted. The factors of online game addiction are family factors and social factors. The role of parents and teachers is very important in supervising and limiting a child in playing online games because if a child is addicted it can be fatal for the child. ABSTRAK Perkembangan zaman yang semakin pesat menyebabkan berbagai bidang mengalami peningkatan salah satunya di bidang teknologi. Salah satu pengaruh bidang teknologi yaitu adanya internet. Namun internet memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif internet yakni mendapatkan berbagai informasi, sedangkan dampak negatifnya adanya game online. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penggunaan game online terhadap perkembangan social dan emosi peserta didik usia 6-12 tahun. Jenis penelitian ini studi literatur, yang termasuk dalam metode kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu berupa dokumentasi yang bersumber dari jurnal-jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak dampak negative dari penggunaan game online yang berlebihan seperti kurangnya interaksi dengan teman sebaya dan anak memiliki sifat yang lebih agresif. Namun selain dampak negatif, game online juga memiliki dampak positif yakni meningkatkan keterampilan anak. Selain dampak dari game online tentu pasti ada penyebabnya mengapa seorang anak mengalami kecanduan. Faktor dari kecanduan game online yaitu faktor keluarga dan faktor social. Peran oranng tua dan guru sangat penting dalam mengawasi dan membatasi seorang anak dalam bermain game online karena jika seorang anak sudah kecanduan dapat berakibat fatal bagi anak tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1)., 28–40.

Azni, F. (2017). PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIAL ANAK. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.

DITA, M. R. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka (Doctoral dissertation, IFTK Ledalero).

Febrino, F. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif GadgetTerhadap Anak. Noura: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1(1), 1–21

Handila, V. (2022). DAMPAK GAME ONLINE HANDPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak.

Hermawan, D., & Kudus, W. A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Bermain Game Online di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 778-789.

Istikomah, N. (2022). Analisis dampak game online terhadap aspek kehidupan sosial pada siswa kelas v sdn 07 kendaldoyong kecamatan petarukan kabupaten pemalang. Jurnal Guru Kita, 6(2), 24.

Lestar, M. C. (2021). Pengaruh Game OnlineTerhadap Perkembangan Emosidan SosialAnak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473-1481.

Pratiwi, A., & Yusnaldi, E. (2022). Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(3), 4524-4530.

Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. (2017). Peningkatan pengetahuan siswa SMP tentang dampak negatif game online bagi kesehatan. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31-39.

Yusnaldi, A. P. (2022). Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar. JURNAL BASICEDU

Downloads

Published

2023-08-31