PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9910Keywords:
Organizational culture, the managerial ability of the principal on teacher performanceAbstract
Teacher performance is something important because the good or bad of the educational process is determined by the teacher's performance. This study aims to analyze the influence of organizational culture and principal managerial ability on teacher performance. The method of analysis using SEM PLS, using a questionnaire instrument with a Likert scale of 1-5, obtained 133 respondents spread over 26 public elementary schools in Kedungwaringin District. The result is that organizational culture has a significant positive effect on teacher performance, the principal's managerial ability has a significant positive effect on teacher performance and the principal's managerial ability has a significant positive effect on organizational culture.Downloads
References
Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 467.
Fuadi, F. N., Sopandi, W., & Sujana, A. (2021). The mastery of grade 4 of elementary school students’ concepts on energy through the implementation of the RADEC learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 39–48. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012140
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ilham, M., Syarifuddin, K., & Rukli. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Aplikasi Zoom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas VI SDN Kalukuang 1 Makassar di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 174–183.
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Sd. 1(02), 49–57.
Kemdikbud. (2017). Konsep Literasi Sains dalam Kurikulum 2013. In Konsep Literasi Digital dalam Kurikulum 2013 (Issue November).
Khoiriyah. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. 427–435.
Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860
Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169
Mardati, A., Sukma, H. H., Karmila, F., & Febrilia, Y. (2022). Efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 256–264. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5140
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2015-2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 174 (2020).
OECD. (2018). Publikasi - PISA. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, (2022).
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah, 4 (2022).
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042113
Suciono, W. (2021). BERPIKIR KRITIS (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri) (Kodri (ed.); 1st ed.). CV Adanu Abimata. https://play.google.com/books/reader?id=h1YsEAAAQBAJ&pg=GBS.PR6
Wahyuni, C., Sudin, A., & Sujana, A. (2020). Nilai Integritas dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Radec Berbasis Grup Whatsapp Pada Materi Siklus Air. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2), 121–130.
Yudin, A. F., Kurnia, D., & Djuanda, D. (2020). Penerapan Model Read Answer Discussion Explain And Create (RADEC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2). https://doi.org/10.17509/JPI.V3I2.27668
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915
Yulianti, Y., Lestari, H., Rahmawati, I., Agama, I., & Sahid, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I1.1915
A Dirwan. (2015, Juni). Pengaruh Budaya Organisasidan Komitmen Terhadap inerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 21 No. 1, 1 - 8. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jip.v21i1.6476
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Ahmadi H. Syukron Nafis. (2011). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Laks Bang Presindo.
Alang, S. (2016, Januari - Juni). Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 169 Pegadungan Kalideres Jakarta Barat. Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), Volume 1 No. 1, 125 - 137. Diambil kembali dari https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/jeba/article/view/403/269
Ali Mudlofir. (2012). Pendidik Profesional . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anedi. (2020, April). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Berdampak Pada Mutu Lulusan. Jurnal DIALOGIKA Manajemen dan Administrasi, Vol.1 No.2 , 96-104. Diambil kembali dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/406/264
Arianty, N. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 14 No. 2, 144 –150.
Arifin, T. (2014). Perilaku Organisasi, Edisi 1. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Asmendri. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah/Madrasah. Batusangkar: Publising STAIN Batusangkar.
Bayu Ratno, Tenggara, Hulmansyah, Nurul Huda (2016): Analisis Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional Dan Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Di Jakarta, https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/jeba/article/view/402
Brotosedjati, S. (2002). Kebijakan pemerintah propinsi Jawa Tengah dibidang pendidikan dalam era otonomi daerah, Makalah seminar revitalisasi pendidikan dasar dan menengah. Magelang: Universitas Muhamadiyah Magelang.
Cecep Taryaman. (2018). Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, Vol. 02; No. 01, 29-38. Diambil kembali dari https://journal.uniga.ac.id/index.php/K/article/download/287/259
Danim, & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: RINEKA CIPTA.
Darwin, A. (2015, Juni). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 21, Nomor 1, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 21, Nomor 1, Juni 2015, hlm. 1-8. Diambil kembali dari http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/6476/2754
Deddy, M. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan (Vol. Pertama). (D. S. Affandi, Penyunt.) Bandung: Alfabeta.
Dewi, R. (2015). Profesionalisasai Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Unimed.
Dony Amdani. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Politeknik Ganesha Medan, Tesis. Repository USU Medan. Diambil kembali dari https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/15694/157007009.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Edy Sutrisno. (2010). Edy Sutrisno, Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.
Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111-117.
Ester Manik, & Kamal Bustomi. (2011, Oktober ). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Smp Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 5, No. 2, 97-107. Diambil kembali dari https://core.ac.uk/download/pdf/234663455.pdf
Evi Wahyuni. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Organisasi Sektor Publik dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pegawai Pemerintah Kota Tasikmalaya). JURNAL NOMINAL, Volume IV Nomor 1. Diambil kembali dari https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/download/6890/5922
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Faisal, A. A. (2013). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Hanata Widya.
Fitrah Santosa, Adrianto, Syamsir, & Afriva Khaidir. (2019, September). Pengaruh Servant Leadership Dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Padang. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, Vol. 4 No. 2, 101 - 108.
Fitri Rahayu. (2014, Juni). Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Koto Tangah Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan: Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 2 No. 1, 282 -831. doi:https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3763
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handako, T. H. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2. Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.
Hardiansyah, H., & Aryani, M. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 1(1).
Hasibuan, M. (2006). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas . Jakarta: Bumi Aksara.
Hasim S., M., & Amiruddin. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”, (hal. 1002 - 1005). Diambil kembali dari https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/12438/7337
Hikmah Eva Trisnantari. (2009, Juli). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Budaya Organisasi di SMP Negeri Kabupaten Tulungagung. DINAMIKA, Volume 9, Nomor 1.
Husaimi Usman. (2006). Menajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Husin, Nurwati et al. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Budaya Organisasi, Komitmen Kerja, Perilaku Kerja dan Kinerja Pegawai (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Aplikasi Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 1, p. pp. 1-11, aug. 2012. ISSN 2302-6332. Available at: <https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/394>. Date accessed: 11 oct. 2022.
Ida Siswatiningsih, Kusdi Raharjo, & Arik Prasetya. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Komitmen Oganisasional Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 5 No. 2, 146-157. Diambil kembali dari https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/2388/1509
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.
Jaliah, Fitria, H., & Alfroki Martha. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen. Journal of Education Research, Volume 1 No. 2, 146 - 153. doi:https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14
Jurman. (2014, Pebruari). Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, Volume 14 No. 2, 275 - 290. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i2.503
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201.
Kaliri. (2008). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diambil kembali dari https://docplayer.info/32551067-Pengaruh-disiplin-dan-motivasi-kerja-terhadap-kinerja-guru-pada-sma-negeri-di-kabupaten-pemalang-tesis.html
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 th. 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 19 th. 2007 Tentang Pengelolaan Satuan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Maira Irlanda. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Kepribadian Guru Terhadap Kinerja Guru Dengan Kinerja Sebagai Intervening (Studi Pada Guru Sma Negeri 3 Semarang), Tesis. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro. Diambil kembali dari http://eprints.dinus.ac.id/15051/
Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja guru dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
Marwansyah. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Mulyadi, & Fahriana, A. S. (2018). Supervisi Akademik: Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Aplikasinya. Malang: Madani.
Mulyasa, E. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nandya Putri. (2014). Budaya Organisasi Pada Sekolah Dasar Negeri Kenagarian Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 2 No. 1, 441 - 448. doi:https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3784
Nelson Guterres, Wayan Gede Supartha, & Made Subudi. (2014). Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Kinerja Pegawai Kantor Kepresidenan Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Volume 3 No. 11, 639 - 649. Diambil kembali dari
https://media.neliti.com/media/publications/44725-ID-pengaruh-kepemimpinan-terhadap-budaya-organisasi-motivasi-kerja-dan-kinerja-pega.pdf
Nelson Guterres, Wayan Gede Supartha, Made Subudi (2014), Pengaruh kepemimpinan terhadap budaya organisasi, motivasi kerja dan kinerja pegawai kantor kepresidenan Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 3.11 (2014) : 639-649
Norlena, I. (2015). Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Struktur). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(2).
Nur Aedi. (2010). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Buku 1 Konsep Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 th 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional.
Pohan, N. A., & Siregar, Y. E. Y. (2018). Peran supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok guru: penelitian tindakan sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 132-139.
Prayoga, S., & Yuniati, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 54-60.
Putu Pradiva Putra Salain, & Made Wardana. (2914, Pebruari). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi Inovasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Kanwil PT. Pegadaian (persero) Denpasar). Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 19, No. 1, 69 - 76.
Rendra Adhitya Albardi, Yusuf S Barusman, & M Oktaviannur. (2019, September). Hubungan Kepemimpinan dengan Budaya Organisasi pada BPK Perwakilan Provinsi Lampung. Jurnal manajemen: Visionist, Volume 8 No. 2, 35-38. Diambil kembali dari http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmv/article/view/1695
Robiah Sidah. (2015). Pengaruh kinerja guru dan budaya madrasah terhadap mutu madrasah, Master Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sadtyadi, H., & Kartowagiran, B. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok Dan Fungsi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 18, Nomor 2, 290-304. Diambil kembali dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/download/2867/2394
Sagala, S. (2008). Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Santosa, F., Adrianto, Syamsir, & Afriva Khaidir. (2019, September). Pengaruh Servant Leadership dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Padang. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, Vol. 4 No. 2, 101-108. Diambil kembali dari https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp
Sari, N. I. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMPN 3 Baso.
Sedarmayanti. (2004). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Method for Business: A Skill Building Approach (7th edition ed.). . Chichester: Wiley.
Siagian, P. S. (2007). Fungsi-Fungsi Manajerial, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Siti Sopiah, & Maman Herman. (2018, Desember). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru. Indonesian Joournal of Education Managemen & Administration Review, Volume 2 Number 2, 284 - 291.
Slamet, P. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah: Partisipasi, Transparansi, Akuntabilitas, dan Income Generating Activity. Jakarta: Buletin Pelangi Pendidikan.
Soetopo, H. (2010). Perilaku Organisasi; Teori dan Praktek di Bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
SR Pardosi ·(2019). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Budaya Organisasi (Studi pada Tibor Kupi Ulee Kareng), http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31574
Suminah, Nurkolis, & Fenny Roshayanti. (2020, April). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru SD Negeri se-Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pndidikan (JMP), Volume 9 Nomor 1, 78 - 93. Diambil kembali dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/download/6837/3497, doi:https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6837
Sumual, T. E. (2015, Juni). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado. MIMBAR, Vol. 31, No. 1, 71-80. Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/7534-ID-pengaruh-kompetensi-kepemimpinan-budaya-organisasi-terhadap-kinerja-pegawai-di-u.pdf
Surania, & Nashiruddin Pilo. (2020). Pengaruh Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi terhadap Kinerja Guru (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar). Education and Learning Journal, Volume 1 No. 2, 137 - 147. doi:http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.71
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenada Media Group.
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2 No, 2, 197-212. doi:https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Sweeney, P. D., & Dean B. McFarlin. (2002). Organizational Behavior: Solutionsfor Management. McGraw-Hill, Internationaledition.
Syaiful Sagala. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syaroni. (2007). Tesis: Pengaruh Kinerja Kepemimpinan Dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Brebes. Repository UNNES. Diambil kembali dari http://lib.unnes.ac.id/16729/1/1103505086.pdf
Tinneke EM. Sumual. (2015, Juni). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado. MIMBAR, Vol. 31, No. 1, 71-80. Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/7534-ID-pengaruh-kompetensi-kepemimpinan-budaya-organisasi-terhadap-kinerja-pegawai-di-u.pdf
Torang, S. (2013). Organisasi & Manajemen. Bandung: Alfabeta.
(t.thn.). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Usman, H. (2006). Menajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, N. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru. Bandung: Citapustaka Media Pustaka Perintis.
Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, E. (2015). Pengaruh Budaya Organisasidan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Organisasi Sektor Publik Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi KasusPada Pegawai Pemerintah Kota Tasikmalaya). NOMINAL, Volume 4, No. 1., 96 - 112. doi:https://doi.org/10.21831/nominal.v4i1.6890
Wahyuni, Y., & Senen, S. H. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Sugih Instrumendo Abadi Di Padalarang. Journal of Business Management Education, Volume 1, No. 2, 59-69. doi:https://doi.org/10.17509/jbme.v1i2.5965
Wibowo. (2011). Budaya Organisasi. Jakarta. Jakarta: Rajawali Press.
Wibowo. (2013). Prilaku dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., Nurjanah, S., & Wahyuni., S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik Di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. EduPsyCouns Journal, Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2 No. 1, 327 - 336. Diambil kembali dari https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/484/281
Yeni Puspitasari, Tobari, & Nila Kesumawati. (2021, Januari-Juni). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Kepemimpinan, Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Volume 6 No. 1, 88-99. Diambil kembali dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/4036/3921
Yublina A. Tahun. (2015). Kinerja Guru (Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan). Kresna Bina Insan Prima. Diambil kembali dari http://www.publikasiilmiah.com/kinerja-guru-kepemimpinan-lingkungan-kerja-dan-kedisiplinan-yublina-a-tahun/
Yuyun Wahyuni, & H Syamsul Hadi Senen. (2016, Agustus). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT Sugih Instrumendo Abadi Di Padalarang. Journal of Business Management Education, Volume 1, Nomor 2, 59-69. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/download/5965/4019
Zainul Arifin Noor. (2012, Desember). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan KeuanganISSN, Volume 16, Nomor 4, 473 - 486. Diambil kembali dari https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/123/115
Zainul Arifin Noor. (2012, Desember). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Volume 16, Nomor 4, 473 - 486. Diambil kembali dari https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/123/115, doi:https://doi.org/10.24034/j25485024.y2012.v16.i4.123
Zulfikar, Agus Gusnawan, & Dede Permana. (2021, Desember). Pengaruh Kinerja Manajemen Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Unggulan Uswatun Hasanah. AN NIDHOM, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 6 No. 2. doi:http://dx.doi.org/10.32678/annidhom.v6i2.5388
Zulkarnain, S. (2017, Desember). Kemampuan Manajerial, Dan Udaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Di Lingkungan IAIN Bengkulu. NUANSA, Volume X No. 2, 84 - 92.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.