PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI SUDUT MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED SISWA KELAS 3 SD NEGERI 1 SUKOREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9906Abstract
Abstract This study aims to determine the increase in students' understanding of mathematical concepts through an open ended approach to learning mathematics on grade 3 material at SD Negeri 1 Sukorejo. This study used classroom action research by collecting data using interview tables, observation and evaluation questions. This approach is carried out through 3 stages of learning, namely cycles 1, 2 and 3. Achievement indicators use the school's minimum completeness criteria (KKM), namely ≥ 75. The results of the first stage of the research show that the average value of student understanding is 62.13. This value can indicate that there are still many and most students have not met the minimum criteria. Stage 2 is known understanding of mathematical concepts that the average value of students' understanding is 66.7. This value can indicate that there has been an increase in the number of students who meet the minimum completeness criteria. The results of the 3rd stage of understanding mathematical concepts that the average value of students' understanding is 77.41 this value can indicate that most students have met the minimum completeness criteria and have met the minimum completeness criteria. Keywords: Understanding of mathematical concepts, open ended approach. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan open ended pada pembelajaran matematika materi sudut kelas 3 di SD negeri 1 Sukorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data menggunakan tabel wawancara, observasi dan soal evaluasi. Pendekatan ini dilaksanakan melalui 3 tahap pembelajaran yaitu siklus 1, 2 dan 3 indikator pencapaian menggunakan kriteria ketuntasan minimum (KKM) sekolah yaitu ≥ 75. Hasil penelitian tahap pertama bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa yaitu 62,13 nilai ini dapat menunjukan bahwa masih banyak dan sebagian besar siswa belum memenuhi kriteria minimum.tahap ke 2 diketahui pemahaman konsep matematis bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa yaitu 66,7 nilai ini dapat menunjukan bahwa sudah ada peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Hasil dari tahap ke 3 pemahaman konsep matematis bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa yaitu 77,41 nilai ini dapat menunjukan bahwa sebagian besar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Kata Kunci : Pemahaman konsep matematis,pendekatan open ended.Downloads
References
Azhari, A., & Somakim, S. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa melalui pendekatan konstruktivisme di kelas VII sekolah menengah pertama (SMP) negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Fadillah, S. (2013). Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran matematika. Jurnal Paradikma, 6(2), 142-148.
Marsigit, M. A.(2013). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika.
Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 346-364.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119-131.
Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika open-ended. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02).
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: AlvabetaCv, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.