EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK NOVEL SISWA KELAS XI SMAN 1 SIDRAP

Authors

  • Hesti Tahir Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia
  • Muliadi Muliadi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia
  • Umar Mansyur Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9850

Keywords:

Learning media, audio media, listening skills, novels.

Abstract

The aim of the study was to determine the effect of using audio media on the listening skills of class XI students of SMAN 1 Sidrap. The population in this study were all 702 students of SMAN 1 Sidrap, out of 189 males and 513 females,While the sample used is a purposive sampling technique, the data collection technique used is a documentation technique and a test technique. The collected data were analyzed using descriptive statistical techniques in the form of a T. test.Based on the results of the data analysis research conducted, it can be concluded that in the paired sample t-test, that is, if the significance value (2-tailed) <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. Seen in the table below the output results of SPSS 26 a significance value of 0.01 <0.05, it is said that the hypothesis Ha is accepted. So that there is a positive effect of the application of audio media on the listening ability of SMAN 1 Sidrap students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus Gereda. 2020. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jawa Barat : Edu Publisher

Andrew Fernando Pakpahan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran.Medan : Yayasan Kita Menulis.

Ariawan, V, A, N., Agustin, E, D., & R. 2019. Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1), 26-36

Askarman Laia. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah : Lutfi Gilang

Cahyaningrum, Mutiya. “Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Keterampilan Menyimak Isi Berita Pada Siswa

VIII SMP Negeri 2 Pandak”, Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2019.

Degeng, I. N. S. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud.

Dina Gasong. 2019. Apresiasi Sastra Indonesia.Yogyakarta. Grup Penerbit CV Budi Utama

Dr. Nana, M.Pd. 2020.Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah : Anggota IKAPI

No.181/JTE/2019

Janner Simamata. 2020. Elemen- Elemen Multimedia untuk pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Wicaksono, A. 2017. “Pengkajian pros fiksi (Edisi Revisi)”. Yogyakarta

:Garudhasawa

Yusfita Yusuf, M.Pd. 2020. Call For Book Tema 3 Media Pembelajaran. Surabaya : CV. Jakad Media Publishing

Zitnie.Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa

Indonesia di SMA. Vol. 7, No. 3,2021, pp. 731-736, 2021: Hal.731.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Fajriati,Rafni. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Subtema Perubahan Lingkungan di Kelas V MIN Bilut Aceh Besar. Skripsi Program Studi PGMI UIN Ar- Raniri Darusalam Aceh Besar : diunduh 01 Meret 2019. Diterbitkan.

Farida,Nur. 2017. Pengaruh Penggu- naan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Dharma Karya UT. Skripsi Program Studi PGMI UIN Jakarta: diun

Netti Marini, Berlian Romanus Turnip. 2021. Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menyimak Siswa di SMK

YAPIM BANDAR : Cakrawala Linguista, Vol. 4. No. 1

Nurfadila, Anisa. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerpen Anak Pada Usia Siswa Kelas V SDN 79 Kota Bengkulu”, Skripsi, Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.

Sindy, 2022. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Asil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelas X Teknik Computer Jaringan Di SMKN 1 Jiwan Madiun”. Skripsi. Ponogoro: Institut Agama Islam Negeri Ponogoro.

Yuliana. 2018. Pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak. Bandar Lampung http://repository.radenintan.ac.i d/id/eprint/4022: Skripsi UIN RadenIntan Lampung.https://doi.org/10.155 75/japra.v2i1.5310

Rahman, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Al-Qur’an Hadis

di MA Al-Khairiyah Mampang prapatan. Skripsi. UIN : Jakarta.

Eka Juannita, Nenny Mahyuddin. 2021. Vidio Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Usia Dini : Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.6. No.4

Kausar, G. (2013). Students’ Perspective of the Use of Audio Visual Aids in Pakistan. Journal of Education, 68(3), DOI: 10.7763/IPEDR. 2013. V68. 3.

Nur Alifa, Nas Haryana Setyaningsih. 2020. Pengaruh Ketrampilan Menyimak dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 9. No.2

Ruth G. Strickland. 2018.

Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas VI MI Darun Najah 1

Jatirejo Majokerto. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1

Downloads

Published

2023-10-01