PENGARUH PENDEKATAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS APLIKASI LECTORA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syifa Amanda Zahra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Tri Isti Hartini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9819

Keywords:

Numbered Head Together, Lectora Inspire, Interaksi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Numbered Head Together (NHT) berbasis aplikasi Lectora dapat berpengaruh terhadap Interaksi di kelas IV di salah satu sekolah di Jatinegara Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Sosial Peserta Didik kelas IV SD. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperiment, dan juga desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas IV, terhadap dua kelas yaitu Kelas 4A dengan jumlah 27 siswa, dan kelas 4B dengan jumlah 27 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu sebanyak 54 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis Uji T menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0  ditolak, dengan nilai thitung > ttabel (4,029 > 2,006). Hasilnya, dapat dikatakan bahwa pendekatan Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap Interaksi siswa di kelas IV SD. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Numbered Head Together (NHT) berbasis aplikasi Lectora dalam pelajaran IPA dalam materi Gaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harsiwi, U. B. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Humairah, E. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Media Pembelajaran Berbasis Power Point Guna Mendukung Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 249–256. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.196

Indriyani, L. (2021). ANALISIS PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI Info Artikel Abstrak Sejarah Artikel. Jurnal Lensa Pedas, 6. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas

Mandasari, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 37–55.

Putri Natasya Annisa. (2020). Proses Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa Kelas 1 SDN Tangerang 19. Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 157–170. https://doi.org/10.21009/JPD.011.17

Riana Magdalena. (2019). Industrial Engineering Department, Atma Jaya Univesity. Jurnal Tekno, 16, 35–48.

Rubiantica, R. (2021). PESAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN. Pendidikan , 7(3), 98–104. http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat

Sukarini Komang. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index

Usmadi. (2020). Pengujian PersyaratanAnalisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7, 50–62.

Wahyu, Y. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Downloads

Published

2023-08-23