PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN “JELLYFISH HUNT” DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 CANDIREJO

Authors

  • Devi Septiyani Nur Fauzi Universitas PGRI Madiun
  • Sri Lestari Universitas PGRI Madiun
  • Kusmiati SDN 1 Candirejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9811

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Cooperative Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning melalui melalui media permainan jellyfish hunt pada peserta didik kelas IV SDN 1 Candirejo Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan empat tahapan pada masing-masing siklus yaitu: perencanaan (planning); pelaksanaan (action); pengamatan dan evaluasi (observation and evaluation); dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2022/2023 SDN 1 Candirejo Nganjuk yang berjumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase nilai ketuntasan belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar pada siklus I sebesar 46,15% atau 12 dari 26 peserta didik dan meningkat pada siklus II sebesar 80,76%. Ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 34,61%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning melalui melalui media permainan jellyfish hunt pada siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amarullah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(2), 170–181. https://doi.org/10.31539/judika.v4i2.3085

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.

Avana, N., Wiyoko, T., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 219/II Btn Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.254

Farkhan, A., Rahmah, A., Alwatasi, U., & Setiawan, F. (2022). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1921. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1354

Febriandi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Pembelajaran Cooperative Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 3(1), 29–37. Retrieved from https://doi.org/10.31539/joes.v3i1.1252

Munawaroh, F. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Ngaliyan 03. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 314–341.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suprianto, A., & Yari Dwikurnaningsih. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Cooperative Learning. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 113–125.

Downloads

Published

2023-08-21