PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V

Authors

  • Bayu Mega Putra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kasriman PGSD FKIP Universitas Prof. Dr. HAMKA

Keywords:

Aktifitas Fisik, Kemampuan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aktivitas fisik terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V SDN Kelapa Dua Wetan 02 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quansi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only group desaign. Populasi pada penelitian ini adalah cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak pada empat kelas dan didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen yang diberikan Aktivitas fisik yang sedang hingga berat dan kelas V C sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan intervensi dalam aktivitas fisiknya. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 butir soal mengenai aktivitas fisik, gerak dasar dan permainan bola besar dan kecil untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Dari hasil analisis data, diperoleh data hasil kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikansi 1% didapatkan hasil  >  atau 3,81>2,65 berarti  diterima yang artinya terdapat pengaruh dari aktivitas fisik terhadap kemampuan kognitif peserta didik.                                                                                         Kata Kunci: Aktifitas Fisik, Kemampuan Kognitif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, S., Supriyadi, M. K., & Masgumelar, N. K. (2020). Model-model exercise dan aktivitas fisik untuk kebugaran jasmani anak SD.

Badu, K. M., Sugiharto, S., & Hariyanto, E. (2021). Literatur Review: Aktivitas Fisik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagai Stimulus Fungsi Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(12), 1953-1962.

DIANA, Y. E. (2018). Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Kecemasan pada Anak di Sekolah Dasar Negeri Sinduadi Timur Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

ERMAWATI, T. A. (2018). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Depresi Pada Anak Di Sekolah Dasar Negeri Sinduadi Timur (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200-207.

Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Speed (Sport, Physical, 2(1), 44-51.

Ilham, T., & Sepdanius, E. (2020). Pengaruh Latihan Aktivitas Fisik Terhadap Kemampuan Mototrik Kasar Siswa Kelas V Sdn 09 Ppa Kota Solok. Jurnal Stamina, 3(6), 465-480.

Messakh, S. T., Kinasih, A., & Cahyono, Y. (2018). Gambaran hubungan aktifitas fisik dan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar kristen satya wacana salatiga.

Nugraha, P. A. P. (2023). Pengaruh Aktivitas Fisik Berbasis Permainan Tradisonal terhadap Psychological Well-Being Anak Usia SD di MI Sabilul Huda Jimbaran (Doctoral dissertation).

Pambudi, R. A., Kurniawati, N., & Sativani, Z. (2022). Gambaran Fungsi Kognitif pada Siswa Di SDN Kadubale II Desa Kadubale Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(2), 123-127.

Putra, A. P. (2019). KONTRIBUSI AKTIVITAS FISIK DAN MAKAN PAGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF. BASIC EDUCATION, 8(3), 282-295.

Riyanto, Pulung, and Deni Mudian. "Pengaruh aktivitas fisik terhadap peningkatan kecerdasan emosi siswa." Journal Sport Area 4.2 (2019): 339-347.

Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh aktivitas fisik terhadap peningkatan kecerdasan emosi siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339-347.

Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 117-126.

Simbolon, A. B., & Hendrawan, D. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28-32.

Downloads

Published

2023-08-21