MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN BAHAN AJAR E-BOOK DENGAN MODEL PJBL DI SDN BABADAN 01

Authors

  • Tita Ragil Tri Wahyuning Cahya Universitas PGRI Madiun
  • Nur Samsiyah Universitas PGRI Madiun
  • Parsumi SDN Babadan 01

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9716

Keywords:

Bahan Ajar, Minat Belajar, PJBL, E-Book

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar tematik pada siswa dengan implementasi model PJBL berbantuan media E-Book. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini subjeknya adalah 24 siswa kelas IV SDN Babadan 01, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun pada pembelajaran Tema 9 Subtema 1 dengan fokus materi sumber energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 siswa antusias dalam belajar 46%, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru 58%, dan siswa yang aktif menjawab pertanyaan 46%. Dari hasil siklus 1 yang belum tuntas, maka dilakukan siklus 2 dengan hasil siswa antusias mengikuti pelajaran 92%, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru 92%, dan aktif menjawab pertanyaan 88%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa minat belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan media E-Book berbasis PJBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas Penggunaan E-Book dengan Sigil untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November), 81–85.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dwi Susilowati. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Ermiana, I., Affandi, L. H., & Kusuma, A. S. H. M. (2019). Workshop Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Lesson Study (Ls) Di Sd Negeri 15 Cakranegara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.991

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Kelas, P. T., Pitara, S. D. N., Depok, K., Pitara, S. D. N., Siklus, P., Ii, P. S., Kunci, K., Belajar, H., & Seri, G. (2018). ISSN 2540-9093 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 SD MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA GAMBAR SERI 1Wahyu Bagja Sulfemi , 2Hilga Minati 1STKIP Muhammadiyah Bogor 2 SD Negeri Pitara 2 Kota Depok A . Pendahuluan Pendidikan sadar. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri, 4(2), 228–242.

Listiani, A., & Wahyuningsih, S. (2019). Analisis Pengelolaan Persedian Barang Dagang Untuk Mengoptimalkan Laba. STIE Kesuma Negara Blitar, 4(1), 97–103. https://journal.stieken.ac.id/index.php/peta/article/view/378/481

Magdalena, I., & , Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini , Maulidia Ayu Fitriani, A. A. P. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Putra, A. K., Islam, M. N., & Prasetyo, E. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 149–159. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3178

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Rahmaniyah, A., Kania, D., Ela, N., Nurhamidah, S. D., Aeni, A. N., & Zaman, A. (2022). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar “Kino Dan Kiya Anak Sholeh” Sebagai Media Dakwah Untuk Siswa Sd Kelas 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 828–837. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1095

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76–81.

Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Downloads

Published

2023-08-23