PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU METODE POLYA SISWA KELAS IV SDN MOJOREJO 1 BATU

Authors

  • Diana Nova Amalia Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yuni Kurniasih SDN Mojorejo 1 Batu
  • Fahdian Rahmadani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9708

Abstract

Matematika merupakan pembelajaran yang paling penting karena memiliki peranan dalam kehidupan sehari-hari baik secara logis, sistematis, dan kreatif. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika harus ditekankan pada berpikir secara sistematis, kritis dan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, masalah sains lainnya, dan masalah kehidupan sehari-hari dengan bantuan aktivitas matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui beberapa siklus atau pengulangan siklus. Setiap siklusnya mengacu pada metode PTK yang dijelaskan sebelumnya, yaitu terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, observasi dan refleksi. Tahap pelaksanaan observasi dilakukan sebanyak dua pertemuan di setiap siklusnya. PTK dilakukan pada mata pelajaran Matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 A yang berjumlah 29 anak. Pemilihan kelas tersebut didasarkan pada hasil observasi dan studi dokumen yang menginformasikan permasalahan terkait rendahnya keterampilan memecahkan soal matematikaHasil pada penelitian didapatkan dari peneliti memberikan soal tes yang terletak pada kegiatan evaluasi per siklus dengan menggunakan range nilai dan juga lembar obeservasi yang telah dibuat sebelumnya untuk menentukan ketercapaian presentase keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN Mojorejo 1 Batu, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita Matematika dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Promblem Based Learning berbantuan metode Polya. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian berdasarkan persentase dalam siklus mengajar siklus I sebesar 42% dari jumlah seluruh siswa, kemudian meningkat di siklus II, menjadi 70% dari jumlah seluruh siswa. Terlihat peningkatan yang signifikan sebesar 28% dari pembelajaran siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Pemecahan masalah, matematika, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Esti Zadu Qisty,(2010), Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi), jurnal Forum Tarbiyah vol. 8, no. 2, Desember hal 186

Fina Fitriana, Faisal Azmi Bakhtiar, Karakteristik Siswa Kelas IV, diambil dari https://id.scribd.com/document/332015706/Karakteristik-Siswa-Kelas-IV-SD.

Hilyatin Nisak Sam dan Abd. Qohar. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Diakses melalui https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/5188/4747

Nenva Eftin Asman, Yetti Ariani,(2020), Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD, Journal of Basic Education e-ISSN : 2656-6702 Studies Volume 3 No 2.halaman 7-9.

Nurhayati. (2013). Penerapan Langkah-langkah Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMP Nasional Wani. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 115–128. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3141

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.

Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. (C. Sa’dijah, Ed.). Yogyakarta: P4TK Matematika. Retrieved from www.p4tkmatematika.org.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Retrieved from http://onesearch.id/Record/IOS3107.10571

Rohimatul Azizah,dkk (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa SMA. diambil dari https://journal.unnes.ac.id,

Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tumardi. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Scaffolding di Kelas III SDN Sutojayan Kecamatan Pakisaji. Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pembelajaran-soalcerita-pada-matapelajaran-matematika-dengan-strategi-scaffolding-di-kelas-iii-sdn-sutojayankecamatan-pakisaji-tumardi-53351.html

Wahyudin, (2016) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kemampuan Verbal, Jurnal Tadris Matematika vol 9 no 2 hal 148 -160

Wirda Pramita N, dkk,(2014), Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi Dan Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Smp Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013,Kadikma, Vol. 5, No. 2, hal 1-10.

Yetti Ariani, Ary Kiswanto Kenedi, (2018), Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar, diambil dari http://ejournal.unikama.ac.id, JIP, Vol.8, No. 2, Edisi Agustus.

Yuliana Suyati, dkk, (2018), Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Model Polya di Kelas III Sekolah Dasar, diambil dari https://jurnal.untan.ac.id

Downloads

Published

2023-08-31