PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIS AL-IKHLAS SIDODADI R

Authors

  • Yusni Pratiwi yusnipratiwi@umnaw.ac.id
  • Hidayat PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara A-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9666

Keywords:

Hasil Belajar Media Interaktif, Problem Based Learning

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar Matematika Siswa kelas IV MIS Al-Ikhkas Sidodadi R materi bangun datar, keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga, dikarenakan rendahnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning, guru hanya menggunakan buku ajar sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Media Pembelajaan Interaktif Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIS Al-Ikhlas Sidodadi R, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental dan dengan desain Two-group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B yang berjumlah 37 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar yaitu 82,74 dari pada rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 78,61. Skor post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mana nilai thitung lebih dari t tabel (3,682.026). Hal ini ditunjukkan dari perolehan hasil perhitungan uji hipotesis posttest melalui uji-t pada taraf signifikansi 0,05, dimana t hitung t tabel yaitu 3,68 2,026. Hasil ini diperkuat dengan pencapaian rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen dengan nilai 82,74 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 78,61. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif merupakan solusi yang tepat untuk mengembangkan pembelajaran yang memberikan pengaruh baik terhadap hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Afidah, & Khairunnisa. 2014. Matematika Dasar. Jakarta : Rajawali Pers.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Jurnal :

Astutik, W., & Juwita, P. (2022). METODE PENGARUH ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan , 8 (2), 109-115.

Azemi, K., & Hidayat, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7815-7822.

Dewi, J. Y., & Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas Iv Sd Negeri 101771 Tembung. Education Achievement: Journal of Science and Research, 21-27..

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Fadilah, N. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD DENGAN MENGGUNAKAN CHIP BILANGAN. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(4), 160-167

Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 180-188.

Jafar, dkk. 2018. Penerapan Pendekatan Realistik Bersetting Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inp 6/75 Manurungge Watampone Kab. Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 10

Juwita, P. PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA SDIT ASH-SHOLIHIN. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 6(2).

Listiyani, Dewi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Gugus 01 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu

Lina, R., & Juwita, P. (2021). PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERTEMA KEINDAHAN ALAM. Jurnal Komunitas Bahasa, 9(2), 62-67

Mashuri, S. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deeppublish

Ningrum, A., & Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas III SD. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 103-113.

Sukmawarti, S., Hidayat, H., & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 886-894.

Downloads

Published

2023-08-23