PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA KONKRET PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS V SDN TANJUNGREJO 2

Authors

  • Bagas Ilham Pambudi Universitas PGRI Madiun Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Sholeh Universitas PGRI Madiun Universitas PGRI Madiun
  • Fera Isro Laily

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9599

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian PTK ini dibuat adalah untuk meningkatkan hasil belajar dari siswa pada mata pelajaran tematik melalui model Discovery Learning berbasis media konkret. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini ada 11 siswa dari kelas V SDN Tanjungrejo 2, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun tentang materi pembeelajaran padaa Tema 8 di Subtema 1 dengan materi siklus air. Instrummen dari penelitian antara lain lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa, dan soal untuk evaluasi, dimanfaatkan untuk mencari data menggunakan mettode tes, obbservasi dan dokkumentasi. Data dari hasil penelitian ini dianalisiss secara kualittatif dan juga kuantitatif. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan model Discovery Learning berbasis media konkret bisa meningkatkan hasil aktivitass siswa pada saat proses pembelajaran, hal ini bisa dibuktikan melalui hasil dari observasi. Pada Siklus I didapat hasil rata-rata 55% dan pada Siklus II didapat hasil ratarata 82%. Peningkattan yang didapat mulai siklus I sampai siklus II adalah sebesar 27%. Penelitian ini bisa untuk meningkatkann hasil dari pembeljaran pada Tema 8 di Subtema 1, terutama saat masuk ke materi sikluss air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.

Dikriansyah, F. (2018). Pengembangan Media Peta Budaya Indonesia Pada Tema Indahnya

Kebersamaan Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Biomass Chem Eng, 3(2)

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hutau. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa

Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba. 8(2), 112

Kikiwati, U. Y. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA kelas V SDN Tegalsari 01. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Kisma, A. D., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 635–642. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.861

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). analisis data kualitatif. jakarta: Universitas Indonesia.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari

Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran

/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Nurfadilah, Septy. (2021). Media Pembelajaran (Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. .CV Jejak:Sukabumi, Jawa Barat.

Nurlaela, L., Samani, M., Asto, I. G. P., & Wibawa, S. C. (2018). The Effect Of Thematic Learning Model, Learning Style, And Reading Ability On The Students’ Learning Outcomes. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012039

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big

Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rahmawati, S. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil

Belajar Peserta Didik Pada Tema Ekosistem. Jurnal PGSD, 7(1), 2021

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar- Mengajar. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197. https://doi.org/10.30868/ei.v4i07.63

Downloads

Published

2023-08-06