MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-4 DI SMA NEGERI 74 JAKARTA

Authors

  • Isti'anah Ahmad FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Yudi Setiadi UIN Syarif Hidayatullah Jakara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9528

Keywords:

TaRL, Problem Based Learning, LKPD

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 74 Jakarta, dimana terdapat permasalahan yang dirasakan oleh peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran ekonomi, sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran belum tercapai. Penelitian ini mencoba untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi di SMA Negeri 74 dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan Teaching at the Right Level dengan model pembelajaran problem based learning dan berbantuan LKPD pada mata pelajaran ekonomi kelas X-4 di SMA Negeri 74 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dengan model pembelajaran Problem Based Learning bebantuan LKPD dapat meningkatkan rata-rata 20% hasil belajar peserta didik di kelas X-4 SMA Negeri 74 Jakarta dalam mata pelajaran ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbudristek. 2023. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14142735013145-Pengajaran-Sesuai-dengan-Tingkat-Kemampuan-Peserta-Didik

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Kadiriandi, R., & Ruyadi, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sosiologi Di Sma Pasundan 3 Bandung. Sosietas, 7(2), 429–433.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003

Pamungkas, Trian. 2020. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Bogor: Guepedia. Hal.13

Komalasari, Kokom (2013). Pembelajaran Konstektual. Bandung :Refika Adiatama. Hal 58-59

Hamdalia Herzon, H., Budijanto, & Hari Utomo, D. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Tim Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY. 2019. Instrumen Penilaian Keterampilan Mata Pelajaran Sosiologi SMA LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Yogyakarta: UNY Press. Hal.11

Akbar, Sa’dun. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, (Filosofi, Metodologi, dan Implementasinya). Malang: Surya Pena Gemilang. Hal. 28

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.132

Dewi, M. P., & Kristin, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 67–78.

Downloads

Published

2023-08-07