PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BEBRAS PADA MATERI BANGUN DATAR FASE C MODEL UNPLUGGED

Authors

  • Aldi Amal Birofik Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9518

Keywords:

Bahan Ajar, Bebras, Unplugged, Computasional Thingking, Matematika

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang terjadi saat ini menuntut pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk bisa bersaing manusia perlu memiliki keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah. Maka dari itu guru sebagai seorang pendidik perlu merancang pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk dapat memiliki keterampilan pemecahan masalah. Salah satunya adalah dengan melakukan pembelajaran berbasis Computasional Thingking (CT) atau bisa disebut berpikir komputasional. Apalagi saat ini pendidikan di Indonesia sedang menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka, yang sangat identik dengan peningkatan kompetensi siswa, baik itu secara koginitifnya maupun keterampilanya. Maka dari itu guru sebagai seorang pendidik harus bisa mengemas pembelajaran sebaik mungkin dan sekreatif mungkin agar terciptanya kompetensi siswa yang sejalan dengan kurikulum merdeka, salah satunya adalah dengan penggunaan bahan ajar. Bahan ajar tentu saja sangat berperan penting terhadap pencapaian tujuan pembelajaran, baik itu secara cetak (Unplugged) maupun Digital (Plugged). Bahan ajar dapat memberikan kesan tersendiri saat belajar kepada peserta didik, bisa saja menambah minat belajar atau semangat untuk menguasai materi ketika belajar menggunakan bahan ajar yang peserta didik senangi. Namun memang masih sering ditemui guru hanya menggunakan bahan ajar yang tersedia saja atau seadanya, tanpa mengembangkan atau menciptakan bahan ajar yang lebih kreatif sehingga terkesan monoton dan siswa mudah bosan. Khususnya pada pembelajaran matematika belum banyak bahan ajar berbasis Computasional Thingking yang dikembangkan, dan salah satu yang sedang banyak dikembangkan saat ini adalah soal Matematika bebrasis Bebras sebagai bahan ajar peningkatan Computasional Thingking.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanto, F. (2018). Backpropagation Analisa Data Pergerakan Tangan Untuk Objek Animasi 3d Dengan Metode Backpropagation Menggunakan Data Input Aplikasi Leapmotion. Jurnal Multimedia Dan Jaringan Terapan , 2 (1), 1-9.

Ayub, M., & Karnalim, O. (2017). Edukasi berpikir pemrosesanonal melalui pelatihan guru dan tantangan bebras untuk siswa di Bandung pada tahun 2016.

BNSP. 2006. Standar isi dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. “www.sekolahdasar.net/2012/08/download-standar-isi-kurikulum-ktspsd.html?m=1. Diunduh pada tanggal 23 Februari 2016

Buana, BM (2019). Penerapan Unplugged Computer Science Berbasis Etnopedagogi Sebagai Alternatif Pengajaran Pada Mata Pelajaran Algoritma Pemrograman Dasar: Studi Kasus: SMK Tribakti Pangalengan (Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia).

Cahdriyana, RA, & Richardo, R. (2020). Berpikirlah dalam pembelajaran matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) , 11 (1), 50-56.

Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Selby, C,. & Woollard, J. (2015) Computational thinking - A guide for teachers. UK : Hodder Education - the educational division of Hachette UK

Lee, T.Y., Mauriello, M.L., Ingraham, J., Sopan, A,. Ahn, J., & Bederson, B.B. (2012). CTArcade: learning computational thinking while training virtual characters through game play. In CHI'12 Extended Abstracts on Human Factors in Computing Systems, Austin, Texas, USA. Diambl dari https://dl.acm.org/citation. cfm?id=2223794

Maharani, S., Nusantara, T., As'ari, AR, & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad ke-21.

Rahani, FF, & Jones, AHS (2020, November). Pelatihan Computingal Thinking dan Lomba Bebras untuk Guru dan Siswa Sekolah Dasar se-Bantul. Dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, hlm. 269-286).

Rahayu, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 6 (3).

Suryani, N., Sutimin, LA, Abidin, NF, & Akmal, A. (2021). Pengaruh Materi Pembelajaran Digital Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS. International Journal of Instruction , 14 (3), 417-432.

Wing, J.M. (2006). Computational Thinking, Communications of the ACM, 49 (3), 33-35.

Downloads

Published

2023-08-20