MENANAMKAN SIKAP CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI PILAR PATRIOTISME BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9491Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi masalah penting tentang bagaimana pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar dapat menjadi pilar dalam menanamkan sikap cinta tanah air dan semangat patriotisme pada generasi muda sebagai wujud kontribusi terhadap pembentukan karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah pembelajaran PKn yang terintegrasi dengan konten yang relevan dapat secara efektif membentuk cinta tanah air pada siswa sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik data yang dikumpulkan berupa beberapa pendapat dari sumber-sumber jurnal yang teraktual kemudian dianalisis, dikembangkan, dicatat, dikelola, dan diambil kesimpulan dari perspektif subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang disampaikan dengan pendekatan yang inovatif dan menarik mampu mempengaruhi sikap dan perilaku siswa terkait cinta tanah air. Guru PKn memainkan peran kunci dalam membentuk persepsi siswa tentang pentingnya cinta tanah air dan nilai-nilai nasional. Materi pembelajaran yang mengangkat tema sejarah, budaya, dan lambang negara mampu meningkatkan kesadaran siswa tentang identitas nasional mereka.Downloads
References
Kerr, David. (1999). Citizenship Education: an International Comparison. London: National Foundation for Educational Research-NFER
Shalwa Rizkya Salsabila, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari (2021) Peranan Perilaku Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Halaman 7791-7800 Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.