REVIEW LITERATURE MENGENAI MODELPEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Nadhila Yanama Lathifah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9426

Keywords:

Pendidikan Pancasila, PTK, Sosiodrama, Kualitatif

Abstract

Pemahaman para generasi muda akan ideologi bangsa kian menurun. Hal ini ditandai dengan banyak isu mengenai karakter generasi penerus bangsa yang sudah tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai Pancasila. Sikap individualisme menjadi salah satu contoh rusaknya profil Pancasila pada diri mereka, ditandai dengan ditemukannya sikap tak peduli terhadap keadaan di sekeliling mereka. Berkontribusi pada kegiatan gotong royong, dengan harap mendapat imbalan atas prilakunya. Peningkatan pola hidup bergotong royong, dapat menggunakan mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebagai solusinya. Para siswa beranggapan proses pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi hal yang sangat kaku, hanya bermodalkan hafalan saat kegiatan belajar. Disini tingkat kreatifitas guru dibutuhkan, menggunakan sebuah metode pembelajaran yang terkesan menyenangkan juga memberi penghayatan positif setelah kegiatan. Metode yang dipilih yaitu sosiodrama. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Taman Baru 1 dengan subjek seluruh siswa kelas IV. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap sikap gotong royong. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan melalui 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditunjukkan melalui persentase indeks skala likert dengan minimal hasil 50,1%. Penelitian ini terbukti memberikam pengaruh terhadap sikap gotong royong siswa kelas IV SD Negeri Taman Baru 1 dengan rata-rata 89,5%.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

AGUSTIN, V. P. (2016). AGUSTIN, V. P. (2016). PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PELAJARAN SEJARAH DI KELAS V . Doctoral dissertation, FKIP UNPAS.

Editorial. (2022, April 12). Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya. Retrieved from Diedit.com: https://www.diedit.com/skala-likert/

Hidayatullah, Furqan. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa.

Lubis, D. A. (2022). Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(5), 57-60.

Nurdyansyah, N. &. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Prof. Dr. Hamid Darmadi, M. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. (R. M. Sareb, Ed.) Jakarta: An1Mage.

Sakti, D. (2022, Mei Rabu). Sosiodrama dalam Mata pelajaran PPKn. Retrieved from radarsemarang.id: https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/05/04/sosiodrama-dalam-mata-pelajaran-ppkn/

tulisku, K. (2022, September 7). Mengenal Hipotesis Penelitian dan Contoh Hipotesis. Retrieved from Karyatulisku: https://karyatulisku.com/mengenal-hipotesis-penelitian-dan-contoh-hipotesis/

Downloads

Published

2023-08-24