PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN HASIL BELAJAR EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9070Keywords:
Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Critical thinking, Hasil BelajarAbstract
Studi ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model problem-based learning dengan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 9 Yogyakarta pada mata pelajaran ekonomi dengan jumlah siswa sebesar 36. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Maret – April. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan rencana tidak lanjut. Instrument yang digunakan berupa modul ajar, lembar ceklist serta observasi, dan catatan harian. Mentode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan critical thinking siswa. Hasil studi ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan critical thinking dari kondisi awal 15,28% siswa telah memiliki kemampuan critical thinking, dengan tindakan pada siklus I sebanyak 25,69% siswa memiliki kemampuan berpikir krits, dan tindakan pada siklus II sebanyak 50,69% memiliki kemampuan critical thinking. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari kondisi awal yang dapat mencapai KKM sebesar 16,7% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 47,22%, dan pada siklus II menjadi 77,78% siswa mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 75. Peningkatan pada setiap siklus ini menandakan bahwa model problem-based learning dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa di SMA N 9 Yogyakarta.Downloads
References
Abdulah, Hadiyanto, Sofema, Nurhizrah, Gistituati, Iswari, M., Atmazaki, & Syafruddin. (2023). Development of Problem-Based Learning Models to Improve Critical Thinking Skills in Citizenship Education Courses Abdulah. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences, 2(4), 1264–1271. https://ijhess.com/index.php/ijhess/
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, VII(3), 5–11.
Latifah, D. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75.
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). In Lantanida Journal (Vol. 7, Issue 1).
Sanjaya, Wi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Setiawan, R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) : Teori dan Praktik. Nuha Medika.
Setiyo, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Kolaboratif dengan Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat untuk Mewujudkan Student’s Well-Being di Masa Pandemi. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78.
Simatupang, T., & Appulembang, O. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 138. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.4726
Sopianti, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi di SMAN 5 Garut. Kenayagan, 1(1), 1–8.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., Sultan, H., & Manado, U. N. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Harmony, 7(2), 66–75. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony
Utriainen, J., Tynjälä, P., Kallio, E., & Marttunen, M. (2018). Validation of a modified version of the Experiences of Teaching and Learning Questionnaire. Studies in Educational Evaluation, 56, 133–143. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2017.12.007
Valiandes, S. (2015). Evaluating the impact of differentiated instruction on literacy and reading in mixed ability classrooms: Quality and equity dimensions of education effectiveness. Studies in Educational Evaluation, 45, 17–26. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2015.02.005
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.