PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA DAN PPKN MELALUI LKPD KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Olivia Universitas Sriwijaya
  • Juliana S SD Maitreyawira Palembang
  • Sri Indrawati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9020

Keywords:

LKPD, Kontekstual, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan observasi yang dilakukan antara lain: peserta didik memperoleh hasil belajar rendah, peserta didik kurang aktif mengikuti pembelajaran, dan pembelajaran menggunakan buku cetak yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan LKPD kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif (rata-rata dan proporsi). Sedangkan pembelajaran ketuntasan campuran didasarkan pada ketuntasan secara personal dan klasikal.Adapun ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dalam penelitian yaitu: pada pra siklus sebesar 46%, pada siklus I sebesar 68%, dan pada siklus II sebesar 89%, pada setiap siklusnya terjadi peningkatan. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa penggunaan LKPD kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswarliansyah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1134-1141.

Fahrurrozi, M., Mohzana, & Mispandi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 7–14.

Fauziyah, S., & Hendriani, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Kelas III Sekolah Dasar. Jpgsd, 4(2), 196–210.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182.

Kurniati, K., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Herman, T. (2015). Mathematical Critical Thinking Ability Through Contextual Teaching And Learning Approach. Journal on Mathematics Education, 6(1), 53–62.

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & ayu Indrawati, G. (2017). Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multimedia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13-22.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213.

Novriana, I., Disurya, R., & Ayu, I. R. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 di SDN 3 Rambutan. Journal on Teacher Education, 4(1), 685-690.

Nurdin, K., & Maharani, S. D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Luar Kelas Pada Materi Kenampakan Alam Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Kerjasama Siswa Sd Kelas IV. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(1).

Program, J., Pendidikan, S., Palembang, U. M., Islam, N., & Pengembangan, P. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Konten Nilai Islam Materi Himpunan Universitas Muhammadiyah Palembang , Palembang , Indonesia Smp Negeri 1 Rantau Panjang , Ogan Ilir , Sumatera Selatan 11(1), 213–223.

Puspita, A. M. I., Djatmika, E. T., & Hasanah, M. (2016). Peningkatan hasil belajar siswa berbantuan buku teks berbasis kontekstual untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1880-1883.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 11-20.

Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 846–856.

Sari, E. N., & Susilowibowo, J. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI Semester 2. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4469-4483.

Setiawan, F. A., & Raharjo, M. (2022). Media Powerpoint Berbasis Model Contextual Teaching And Learning Di Sdn 68 Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(1).

Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. (1823). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Edusains, 8 (2), 150–156.

Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4922-4938.

Tahir, T., & Marniati, M. (2022). Penerapan LKPD Berbasis Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 83-92.

Downloads

Published

2023-08-04