URGENSI ASAS FILOSOFIS DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Nanda Kusuma Wardhani UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Tasman Hamani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9003

Keywords:

Asas Filosofis; Kurikulum; Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kurikulum merupakan instrumen yang berisi seperangkat program pendidikan dan disusun untuk mencapai visi misi sebuah lembaga pendidikan. Setiap pengembangan kurikulum harus memperhatikan beberapa asas yaitu asas filosofis, psikologis, sosiologis, serta ilmu pengetahuan dan teknologi agar tujuan pendidikan tercapai secara efektif. Di antara beberapa asas tersebut, asas filosofis berfungsi menentukan arah dan tujuan pendidikan, pengembangan materi, strategi dan penilaian pendidikan. Untuk melihat penggunaan asas tersebut khususnya dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam penelitian ini disusun. Dengan pendekatan kualitatif dan metode kajian pustaka, penelitian ini dapat mengetahui peran penting asas filosofis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sebagai hasil, kurikulum di Indonesia terus mengalami perkembangan dan penyesuaikan tujuan pendidikan nasional serta kebutuhan zaman. Oleh karenanya, dibutuhkan landasan yang berfungsi sebagai asas di dalam pengembangan kurikulum. Asas filosofis dalam pengembangan kurikulum memiliki peran penting, yakni dengan memahami konsep-konsep filosofis, peserta didik dapat memahami perbedaan dan persamaan antara agama Islam dan agama-agama lain. Sehingga dapat meningkatkan rasa toleransi, membangun rasa saling memahami, menghargai perbedaan antar agama, serta meningkatkan kemampuan siswa untuk berdialog dan berinteraksi dengan individu dari latar belakang keagamaan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansyar, M. (2017). Kurikulum Hakikat, Desain dan Pengembangan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Arafat, G. Y. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis. Jurnal Alhadrah, 17(33), 32–48.

Arifin, H. . (2006). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Gandhi HW, T. W. (2014). Filsafat Pendidikan: Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Halimah, S. (2020). Manajemen pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di MTs Irsyadul Islamiyah Rokan Hilir. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 47–59.

Hamalik, O. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hardanti, B. W. (2020). Landasan Ontologis, Aksiologis, Epitesmologis Aliran Filsafat Esensialisme Dan Pandanganya Terhadap Pendidikan. Jurnal Reforma, 9(2), 87. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.320

Harisnur, F., & Suriana, S. (2021). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Untuk Sekolah/Madrasah. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 335–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1928

Hasan, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sekolah. Jurnal Al-Ibrah, 2(1), 60–87.

Hermawan, H. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 6). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5231

Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikulum, Teori & Praktik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Indonesia, P. R. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. , (2003).

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Muttaqin, A. (2016). Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 67–92. https://doi.org/10.32764/dinamika.v1i1.105

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Aliran Filsafat PendidikanProgresivisme Dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14–26.

Nasution, S. (2006). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuriyanti, N. (2008). Filsafat Pendidikan Islam Tentang Kurikulum. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 5(3), 329. https://doi.org/10.24239/jsi.v5i3.182.329-338

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundation, Principles and Issues. In Pearson Education.

Purba, P. B., Siregar, R. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., … Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/511

Sanaky, H. A. (2003). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sukirman, D., & Asra, A. (2011). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suryadi, A. (2020). Pengembangan Kurikulum I. Sukabumi: CV Jejak.

Umar, U. (2016). Landasan Konseptual Pengembangan Kurikulum PAI Sebuah Tinjauan Kritis. In Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Downloads

Published

2023-08-22