META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratna Handayani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8855

Keywords:

meta analisis, problem based learning, discorevy learning

Abstract

ABSTRACT This study aims to find out how effective the contribution of Discovery Learning and Problem Based Learning models is to students' critical thinking skills in Mathematics learning as a whole. This research is a meta analysis research. This study uses libraries, books or journals as data sources. The data collection technique in this study was by collecting research articles with national-scale journal criteria of 40 articles published in the 2013-2022 period. The data analysis technique used is the T-test (Paired Sample T-Test) and the effect size test. The results of this study are that as a whole the PBL and DL models synthesized from 40 relevant main studies can improve students' critical thinking skills in elementary mathematics learning in the PBL model with an effect size of 1.60 in the medium category of the DL model with a large influence ( effect size) of 2.10. This shows that the PBL and DL models have a very effective influence or result in students' critical thinking skills in elementary mathematics learning.   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengethui terkait seberapa efektif kontribusi model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Materimatika secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian Meta Analisis. Penelitian ini menggunakan pustaka, buku ataupun jurnal sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan artikel penelitian dengan kriteria jurnal berskala nasional sebanyak 40 artikel yang dipublikasi pada periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-T (Paired Sample T-Test) dan uji effect size. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan model PBL dan DL yang disentesis dari 40 studi utama yang relevan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika SD pada model PBL dengan besar pengaruh (effect size) 1,60 dengan kategori sedang dari model DL besar pengaruh (effect size) sebesar 2,10. Hal tersebut menunjukkan bahwa model PBL dan DL memberikan pengaruh yang sangat efektif atau memberikan hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika SD.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAlFTAlR PUSTAlKAl

All-Talbalny, Trialnto Ibnu Baldalr. Mendesalin Model Pembelaljalraln Inovaltif

Progresif Kontekstuall: Konsep Lalndalsaln daln Implementalsinyal paldal

Kurikulum 2013. Jalkalrtal: Prenalmedial Group. 2014.

Almir, M. Talufiq. Inovalsi Pendidikaln Melallui Problem Balsed Lealrning

Balgalimalnal Pendidik Memberdalyalkaln Pembelaljalr di Eral Pengetalhualn.

Jalkalrtal: Kencalnal. 2016.

Alnaldiroh, Malnalpialh. (2019). Studi Metal-Alnallisis Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning (PBL). Kumpulaln Skripsi halsil penelitialn Universitals Islalm Negeri Syalrif Hidalyaltullalh Jalkalrtal Talhun 2019. LPPM UIN Syalrif Hidalyaltullalh

Alnugralheni, Indri. “Metal Alnallalisis Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning dallalm Meningkaltkaln Keteralmpilaln Berpikir Kritis di Sekolalh Dalsalr”. Al Journall of Lalngualge, Literalture, Culture, alnd Educaltion POLYGLOT. Vol.14, No.1, 2018.

Alrief, H.S., Malulalnal & Sudin Al. (2016). Peningkaltaln Motivalsi Belaljalr Melallui Pendekaltaln Problem Balsed Lealrning (PBL). Jurnall Penal Ilmialh, 1(1), 460-465.

Demirel, Melek. “Effect of Prblem-Balsed Lealrning on Alttitude: al Metal-Alnallysis study”. Euralsial Journall of Malthemaltics Science alnd Technology Educaltion. 2016.

Dewi, P. S. U., I. W. Salsial, daln K. Sumal. “Pengalruh odel Problem Balsed Lealrning terhaldalp Kemalmpualn Pemecalhaln Malsallalh Fisikal melallui Pengendallialn Balkalt Numerik Siswal SMP”. E-Journall Progralm Palscalsalrjalnal Universitals Pendidikaln Galneshal. 2014.

Eggen, Palul daln Don Kaluchalk. Straltegi daln Model Pembelaljalraln Mengaljalrkaln

Konten daln Keteralmpilaln Berpikir. Jalkalrtal Balralt: PT Indeks. 2012.

Falthurrohmaln, Muhalmmald. Model-Model Pembelaljalraln Inovaltif. Yogyalkalrtal:

Alr-Ruzz Medial. 2015.

Fenti F Alsrifalh & Walhjudi. (2019). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealning (PBL) Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr SIswal Kelals XI Alkuntalsi Paldal Malteri Pelaljalraln Alkuntalsi Keualngaln di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnall Pendidikaln Alkuntalsi Indonesial , 460-465.

Halnji, Malllikalrjun B. Metal-Alnallysis on Psychialtry Resealrch Fundalmentall alnd

Aldvalnced Methods. USAl: Alpple Alcaldemic Press. 2007.

Herlalnti, Yalnti. dkk. “Discovery Lealrning Straltegy to Increalse Metalcognitive

Knowledge on Biology Lealrning in Secondalry School”. Jurnall

Pendidikaln IPAl Indonesial. 2017.

Hunter, John E. daln Fralnk L. Schmidt. Methods of Metal-Alnallysis Correcting

Error alnd Bials in Resealrch Findings. Callifornial: Salge Publicaltion. 2004.

Iskalndalr. Metodologi Penelitialn Pendidikaln daln Sosiall. Ciputalt: Referensi. 2013.

Jesson, Jill K, Lydial Maltheson daln Fional M. Lalcey. Doing Your Literalture Revies

Tralditionall alnd Systemaltic Techniques. London: Salge Publicaltion. 2011.

Risnalyalti, Heni daln Ekal Calhyal Primal. “Prosiding Seminalr Nalsionall Peneralpaln

Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning dengaln Pendekaltaln Inkuiri

untuk Meningkaltkaln Keteralmpilaln Proses Salins daln Pengualsalaln Konsep

lalstisitals paldal Siswal SMAl”. Penelitialn Pendidikaln daln Peneralpaln MIPAl

Universitals Negeri Yogyalkalrtal. 2011.

Rusmaln. Model-Model Pembelaljalraln: Mengembalngkaln Profesionallisme Guru.

Jalkalrtal: Raljalwalli Pers. 2011.

Salnjalyal, Winal. Straltegi Pembelaljalraln Berorientalsi Stalndalr Proses Pendidikaln.

Jalkalrtal: Kencalnal. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitialn Pendidikaln: Pendekaltaln Kualntitaltif, Kuallitaltif daln

R&D. Balndung: Allfalbetal. 2017.

Surallalgal, Faldhilalh daln Solichal. Psikologi Pendidikaln. Jalkalrtal: Lembalgal

Penelitialn UIN Syalrif Hidalyaltullalh Jalkalrtal. 2010.

Taln, Oon-Seng. Problem Balsed Lealrning Innovaltion Using Problem to Power

Lealrning in the 21st Century. Singalpore: Galle Cengalnge Lealrning. 2003.

Tohalrudin, Uus., Sri Hendralwalti daln Alndrialn Rustalmaln. Membalngun Literalsi

Salins Pesertal Didik. Balndung: Humalnioral. 2011.

Tumalngkeng, Yenti Winaltalrial. “Metal-Alnallisis Pengalruh Medial Pembelaljalraln

Terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal”, skripsi paldal FKIP UNTAlN,

Walrsono, daln Halriyalnto. Pembelaljalraln Alktif Teori daln Alsesmen. Balndung: PT

Remaljal Rosdalkalryal. 2016.

Wenal, Malde. Straltegi Pembelaljalraln Inovaltif Kontemporer. Jalkalrtal: Bumi Alksalral.

Widialsworo, Erwin. Straltegi Pembelaljalraln Edutalinment Berbalsis Kalralkter.

Yogyalkalrtal: Alr-Ruzz Medial. 2018.

Wisudalwalti, Alsih Widi., Ekal Sulistyowalti. Metodologi Pembelaljalraln IPAl.

Jalkalrtal: PT. Bumi Alksalral. 2017.

Yalsalr, Diyyaldin. “Bralin Balsed Lealrning in Science Educaltion in Turkey:

Descriptive Content alnd Metal Alnallysis of Dissertaltions”. Journall of

Educaltion alnd Praltice IISTE. Vol.8, No.9, 2017.

Downloads

Published

2023-07-09