ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN ITEMAN 4.0 PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zafrullah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Reza Kastrara Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Eko Sutrisno Riantoro Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Anugrah Arya Bakti Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.8777

Keywords:

Analisis Butir Soal, Iteman, Teori Tes Klasik

Abstract

Penilaian harian merupakan suatu alat penting dalam pendidikan karena membantu guru dalam mengevaluasi kemajuan pembelajaran peserta didik. Salah satu bentuk evaluasi yang sering digunakan adalah pertanyaan dengan pilihan ganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal Penilaian Akhir Semester dengan bentuk pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis data statistik yang diintepretasikan menjadi deskripsi. Kisi-kisi yang digunakan adalah materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di tahun 2023, dengan instrumen tes diujikan kepada 32 siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Selat Panjang, Riau, Indonesia. Dari temuan peneliti menunjukkan bahwa rata-rata pada Penilaian Akhir Sekolah menunjukkan angka sebesar 23.875, Norma Baku 5.993, Skor Terkecil sebesar 10, dan Skor Terbesar sebesar 33. Nilai Mean P menunjukkan angka sebesar 0.682 menunjukkan bahwa tingkat kesukaran berada pada kategori “Sedang”, nilai Mean Rpbis sebesar 0.359, hal ini menandakan bahwa nilai Daya Beda secara keseluruhan memiliki keterangan “Sedang”. Dan reliabilitas yang diperoleh reliabilitas nya yakni nilai Alpha  sebesar 0.854 dengan nilai reliabilitas cukup tinggi. Meskipun mendapatkan hasil interpretasi yang cukup baik untuk sebagian besar sisi, terdapat beberapa soal yang perlu direvisi dalam hal pengecohannya, agar interpretasi menjadi lebih akurat. Pengecoh dalam suatu soal sangat penting untuk menguji pemahaman dan kemampuan siswa secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Reza Kastrara, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

     

Eko Sutrisno Riantoro, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

   

Anugrah Arya Bakti, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

   

References

Anggis, E. V. (2023). EVALUASI KRITERIA PENILAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS COUNTENANCE. Jurnal Penjaminan Mutu, 9(01), 93–99.

Cahyo, A. N., Luriawati, D., & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01), 11–22.

Cho, E., & Kim, S. (2015). Cronbach’s coefficient alpha: Well known but poorly understood. Organizational Research Methods, 18(2), 207–230.

Daniel, M., Rencic, J., Durning, S. J., Holmboe, E., Santen, S. A., Lang, V., Ratcliffe, T., Gordon, D., Heist, B., & Lubarsky, S. (2019). Clinical reasoning assessment methods: a scoping review and practical guidance. Academic Medicine, 94(6), 902–912.

Guangul, F. M., Suhail, A. H., Khalit, M. I., & Khidhir, B. A. (2020). Challenges of remote assessment in higher education in the context of COVID-19: a case study of Middle East College. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 32, 519–535.

Hannington, T., Asuman, B., & Mary, B. (2022). Savings and women involvement in business in Kasese District: A Case of Women Entrepreneurs in Hima Town Council. IDOSR Journal of Current Issues in Social Sciences, 8(1), 38–44.

Istiyono, E. (2018). Pengembangan instrumen penilaian dan analisis hasil belajar fisika dengan teori tes klasik dan modern. UNY Press Yogyakarta.

Kung, T. H., Cheatham, M., Medenilla, A., Sillos, C., De Leon, L., Elepaño, C., Madriaga, M., Aggabao, R., Diaz-Candido, G., & Maningo, J. (2023). Performance of ChatGPT on USMLE: Potential for AI-assisted medical education using large language models. PLoS Digital Health, 2(2), e0000198.

Matthews, R. A., Pineault, L., & Hong, Y.-H. (2022). Normalizing the use of single-item measures: Validation of the single-item compendium for organizational psychology. Journal of Business and Psychology, 37(4), 639–673.

Muqorobin, M., & Triana, H. (2022). Validitas Instrumen Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dalam Penelitian Eksperimen. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2).

Pamujo, P., & Romadhoni, D. R. M. (2022). ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN ITEMAN DI KECAMATAN BANJARNEGARA. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Pradani, R. A., & Efendi, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis of School Exam Questions Using the Iteman Program). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 275–289.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892.

Zafrullah, Z., Suyanto, S., Wahyuni, A., Ayuni, R. T., & Novilanti, F. R. E. (2023). Development of Android-based Learning to Improve Computational Thinking Skills in Junior High School. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1309–1320.

Zafrullah, Z., & Zetriuslita, Z. (2021). Learning interest of seventh grade students towards mathematics learning media assisted by Adobe Flash CS6. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1272

Downloads

Published

2024-03-31