HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

Authors

  • Shendy Shafna Shaumuristi Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8768

Keywords:

Model pembelajaran inkuiri terstruktur, hasil belajar siswa, keanekaragaman hayati Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur pada materi keanekaragaman hayati Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode tes tulis. Tes tulis berupa hasil data pre-test dan post-test juga pengerjaan LKPD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D yang berjumlah 16 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan sebanyak 13 siswa mendapat kategori peningkatan hasil belajar pengetahuan tinggi dan 3 siswa mendapat kategori peningkatan sedang. Hal ini menandakan bahwa semua siswa di kelas VII-D mengalami peningkatan hasil belajar secara keseluruhan dengan masing-masing kategori yang diukur dengan analisis N-Gain. Hasil belajar keterampilan juga menunjukkan bahwa seluruh siswa memeroleh kategori yang sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alberta. (2004). Focus on Inquiry : A Teacher’s Guide to Implementing Inquiry-Based Learning. Alberta Learning.

Amini, A., Irawati, S., & Kasrina, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.55-64

Banchi, H., & Bell, R. (2008). The Many Levels of Inquiry. Journal Science and Children, 26–29. www.teachersource.com

Barniol, P., & Zavala, G. (2016). A Tutorial Worksheet to Help Students Develop the Ability to Interpret the Dot Product as a Projection. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2387–2398. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1271

Borovay, L. A., Shore, B. M., Caccese, C., Yang, E., & Hua, O. (Liv). (2019). Flow, Achievement Level, and Inquiry-Based Learning. Journal of Advanced Academics, 30(1), 74–106. https://doi.org/10.1177/1932202X18809659

Damhuri, D., Idrus, I., & Jumiarni, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IXA MTs 1 Lebong. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.47-54

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement vs. Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses.

Haroni. (2016). Efektivitas model pembelajaran cooperatif tipe studen facilitator and explaining terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VII SMPN 6 Kayan Hulu pada materi mikroskop. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

Nismalasari, Santiani, & Rohmadi, H. M. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA. 4(2).

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).

Oddone, K., Hughes, H., & Lupton, M. (2019). Teachers as Connected Professionals: A Model to Support Professional Learning Through Personal Learning Networks. In International Review of Research in Open and Distributed Learning (Vol. 20).

Sudibyo, E., Nurita, T., Qosyim, A., & Sabtiawan, W. B. (2020). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERSTANDAR NASIONAL BAGI GURU IPA SMP KABUPATEN KEDIRI. Jurnal ABDI, 5(2), 127–133.

Trumbull, E., & Lash, A. (2013). Understanding Formative Assessment: Insights from Learning Theory and Measurement Theory. WestEd: Imporoving Education through Research, Development, and Service.

Wagner, L., Holenstein, M., Wepf, H., & Ruch, W. (2020). Character Strengths Are Related to Students’ Achievement, Flow Experiences, and Enjoyment in Teacher-Centered Learning, Individual, and Group Work Beyond Cognitive Ability. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01324

Zafra-Gómez, J. L., Román-Martínez, I., & Gómez-Miranda, M. E. (2015). Measuring the impact of inquiry-based learning on outcomes and student satisfaction. Assessment and Evaluation in Higher Education, 40(8), 1050–1069. https://doi.org/10.1080/02602938.2014.963836

Zenuni-Idrizi, V. (2023). The Impact of Formativ Assessment on the Final Success of Students. 7th International New York Academic Research Congress on Humanities and Social Sciences, 595–600. https://www.newyorkcongress2022.com/

Downloads

Published

2023-06-29