PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KARYA (KARTU BUDAYA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VI DI PEMBELAJARAN KEBERAGAMAN BHINNEKA TUNGGAL IKA

Authors

  • Ema Sapriani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sugiarti PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Prilia Rahmadina PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8762

Keywords:

Keywords: Character education, KARYA, class VI, Kata Kunci: Pendidikan karakter , KARYA , kelas VI

Abstract

ABSTRACT The value of character education is in harmony with the value of Bhinneka Tunggal Ika which is then integrated into PKN learning (citizenship education). Class VI b students at SDN Mojorejo 01 Batu participate in learning by applying the values ​​of diversity, Bhinneka Tunggal Ika. The integration of the motto is carried out through the implementation of student activity sheets (LKPD). In planting or programming activities, students are required to analyze and understand the values ​​that should be applied in the life of the nation and state in accordance with the prevailing motto. Especially in Indonesia which has various ethnic and cultural groups. This effort was made to transfer the positive character of the motto Bhinneka Tunggal Ika into students of class VI b who will transform into adolescence. The existence of this study aims to determine the extent to which grade VI b students understand the application of Bhinneka Tunggal Ika in everyday life, as well as instill noble values ​​according to the indicators determined as assessment benchmarks, while the indicators are as follows 1) application of proper tolerance in everyday life, 2) discussion, 3) question and answer skills, 4) opinion, and 5) skills in being creative in making KARYA(cultural cards). The research method uses a PTK approach, namely descriptive qualitative, which is compiled by analyzing data through observation and documentation of the results of product evaluation of student projects VI b. This research went through a process of (1) planning, (2) action, (3) observation, (4) reflection. The results showed that in the first cycle of students there were still many who had not completed with an average score of 33% and there was an increase of 42% to 75%. With this data it proves that students have succeeded in understanding the values ​​of Bhinneka Tunggal Ika in the KARYA Project. Keywords: Character education, KARYA, class VI ABSTRAK Selarasnya nilai pendidikan karakter dengan nilai Bhinneka Tunggal Ika  yang kemudian pengintegrasian dalam pembelajaran PKN (pendidikan kewarga negaraan). Peserta didik kelas VI b di SDN Mojorejo 01 Batu membuat mengikuti pembelajaran dengan menerpkan nilai-nilai keberagaman bhinneka tunggal ika.  Pengintegrasian semboyan dilakukan melalui pelaksanaan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Pada  kegiatan  penanaman atau memprogram, peserta didik tuntut untuk menganalisis dan memahmi nilai yang seharusnya diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan semboyan yang berlaku. Khususnya di Indonesia yang memiliki  beragaman suku budaya. Upaya  ini dilakukan untuk mentransfer  karakter positif dari semboyan bhineka tunggal ika kedalam diri  peserta didik kelas VI b yang akan bertransformasi ke masa remaja. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik kelas VI b terkait  penerapan Bhinneka tunggal Ika ke   dalam kehidupan sehari-hari, serta menanamkan nilai-nilai luhur sesuai dengan indikator yang ditentukan sebagai tolak ukur  penilaian, adapun indikator tersebut adalah sebagai berikut 1) penerapan toleransi yang tepat di kehidupan sehari-hari, 2) berdiskusi, 3) keterampilan tanya jawab, 4) berpendapat, dan 5) keterampilan dalam berkreasi membuat KARYA (kartu budaya). Adapun metode penelitian yang ini menggunakan pendekatan PTK yaitu deskriptif kualitatif yang disusun dengan menganalisis data melalui kegiatan observasi dan dokumentasi hasil evaluasi produk proyek  peserta didik VI b. Penelitian ini melewati proses (1) Rencana, (2) aksi, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I peserta didik masih banyak yang belum tuntas dengan rata-rata nilai 33 % dan terdapat peningkatan 42 % sehingga menjadi 75 %. Dengan data tersebut membuktikan  peserta didik berhasil  memahami nilai-nilai bhinneka tunggal ika yang ada pada Proyek KARYA.   Kata Kunci: Pendidikan karakter , KARYA , kelas VI   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi Juliardi. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal BHINNEKA TUNGGAL IKA, 2(2), 119.

Handayani, L. (2022). Project Based Learning dengan Strategi PTK (Praktik Tugas Kelompok) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 9(2), 288. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4961

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 1. Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.

Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin, 05(03), 7095–7103.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Setyorini, E. A., Ekowati, D. worowirastri, & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan Kterampilan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Mata Pelajaran Seni Rupa Melalui Kolase Mix Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1–137.

Wahyuni, S., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal on Education, 05(04), 16392–16404.

Downloads

Published

2023-07-09