HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 1 MIJEN KALIWUNGU KOTA KUDUS

Authors

  • Arif Prasetya Universitas Muria Kudus
  • Moh. Syafruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus
  • Farah Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8714

Keywords:

Motivasi Belajar, Learning Outcomes

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korealasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 1Mijen yang berjumlah 38 peserta didik dan sampel sebanyak 20 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner atau angket yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis meliputi pengujian korelasi product moment. Hasil analisis data dengan memakai program aplikasi berbantuan IBM SPSS Statistic25 dengan menggunakan rumus product moment adalah besarnya koefisien korelasi variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar r-hitung (0,767) berada pada taraf besar atau hubungan kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Ananda, W. (2022). Analisis Hubungan Sikap Kemandirian dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Batang Hari. 3(2), 50–54. https://doi.org/10.37251/isej.v3i2.256

Astalini, Kurniawan, D. & Aqina Deswana Putri. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari Ipa, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar Ipa, Dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Sekabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7, 2.

Bastari, E. (2019). Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung.

Fajri, M. (2018). Pelajaran Penjaskes Kelas X Di SMA Sekolah Rakyat Babelan – Bekasi. IX(2), 93–106.

Fitriana, N., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Article Analysis Of Motivation Methods And Student Learning. 1(3), 198–203.

Hasanah, U. (2019). Indikator Skripsi Gagne dalam Sudjana 1. Bab Ii, 8–24.

Kinasih, A., & Mariana, E. (n.d.). Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Pgri 2 Sekampung. 39–46.

Maimuna, L., & Selatan, S. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Mutu Hasil Belajar Di Amik Bina Sriwijaya Palembang. 7, 62–70.

Nafsiyah, A., Zulfiyah, R. I., Ummah, A. K., Hilyana, S., & Artikel, I. (2022). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV. 0–5.

Ndraha, I. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Di Smk Negeri 1 Sogaeadu. 1(3), 37–44.

Nehru, N., & Irianti, E. (2020). Analisis Hubungan Rasa Ingin Tahu Dengan Hasil Belajar. 7(1), 53–59.

Qodir, A., & Wahdah, N. (2022). Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik. 7(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10555

Ramadhani, R. W., Rahayu, R., & Kuryanto, M. S. (2021). Dampak Nomophobia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 8.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (1858). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. 3(2), 145–154.

Sappe, Irwan, Ernawati, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Kapunrengankecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3.

Sappe, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang. 3.

Sembiring, J. (2021). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.

Shidik, M. A. (2020). Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. 3(2).

Tinambunan, M. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Siak Hulu Tahun Ajaran 2018/2019.

Ulama, N., & Giri, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. 1(1), 1–10.

Wahyuni, F. (2020). Analisis Hubungan Kesiapan Belajar Secara Daring Di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Statistika. 1(3), 138–143. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.422

Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 9(3), 408–415.

Wulandari, M., & Febriana, N. Y. (2020). Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan MIPA, 10.

Yuliany, N. (2018). Relationship Between Learning Motivation To Learning Result Mathematics Students. 5(2), 126–137.

Downloads

Published

2023-07-01