PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN ORO-ORO OMBO MADIUN MENGGUNAKAN BANTUAN GOOGLE DOCS DAN APLIKASI CANVA

Authors

  • Weninda Ayu Retnoningtyas Universitas PGRI Madiun
  • Heny Kusuma Widyaningrum Universitas PGRI Madiun
  • Novi Ayuningtias Widianti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 5 SDN Oro-Oro Ombo Madiun dengan menggunakan bantuan Google Docs dan aplikasi Canva. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus 1, siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman teks fiksi dan kurangnya antusiasme dalam pembelajaran. Setelah diberikan intervensi menggunakan Google Docs dan Canva, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan antusiasme dalam pembelajaran. Pada siklus 2, seluruh siswa berhasil menuntaskan nilai minimum dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi digital. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang melibatkan teknologi untuk meningkatkan literasi digital siswa di tingkat SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa pada Era Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid-19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1).

Haniza Pitaloka, & Meilan Arsanti. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4 Semarang, 34–37.

Katadata Insight Center. (2023). Status Literasi Digital di Indonesia Tahun 2022.

Kominfo. (2020). Roadmap Literasi Digital 2020-2024.

Nurlinah Sugiarti, & Mulyono. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala, 9(9), 157–165.

Nurul Lailatun Nisfah, & Ermawati Zulikhatin Nurroh. (2020). Digital Literacy in Indonesian Language Learning in Elementary Schools: Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education Methods Development, 12.

Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Menulis yang Diampu oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75–86. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/

Downloads

Published

2023-09-08