PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN ORO-ORO OMBO MADIUN MENGGUNAKAN BANTUAN GOOGLE DOCS DAN APLIKASI CANVA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8713Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 5 SDN Oro-Oro Ombo Madiun dengan menggunakan bantuan Google Docs dan aplikasi Canva. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus 1, siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman teks fiksi dan kurangnya antusiasme dalam pembelajaran. Setelah diberikan intervensi menggunakan Google Docs dan Canva, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan antusiasme dalam pembelajaran. Pada siklus 2, seluruh siswa berhasil menuntaskan nilai minimum dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi digital. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang melibatkan teknologi untuk meningkatkan literasi digital siswa di tingkat SD.Downloads
References
Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa pada Era Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid-19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1).
Haniza Pitaloka, & Meilan Arsanti. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4 Semarang, 34–37.
Katadata Insight Center. (2023). Status Literasi Digital di Indonesia Tahun 2022.
Kominfo. (2020). Roadmap Literasi Digital 2020-2024.
Nurlinah Sugiarti, & Mulyono. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala, 9(9), 157–165.
Nurul Lailatun Nisfah, & Ermawati Zulikhatin Nurroh. (2020). Digital Literacy in Indonesian Language Learning in Elementary Schools: Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education Methods Development, 12.
Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Menulis yang Diampu oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75–86. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.