PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8655Keywords:
Mind Mapping, Understanding Learning Concepts, ScienceAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap pemahaman konsep pembelajaran IPA siswa kelas V SDI Wahid Hasyim Sidoarjo. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan pada siswa kelas V, rendahnya pemahaman konsep pembelajaran tematik khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Metode pembelajaran mind mapping merupakan salah satu metode yang didalamnya berisi konten kreatif terkait gambar, symbol, warna dan garis garis yang menghubungkan sehingga terbentuknya sebuah pemetaan konsep materi pembelajaran yang mampu meningkatkan daya tarik individu dalam proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDI Wahid Hasyim Sidoarjo dengan menggunakan sampel kelas V sebanyak 30 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling yang mengambil sampel secara acak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif meliputi uji validitas, reabilitas, normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji T-paired. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan nilai sig sebesar 0,000. Untuk melihat nilai signifikansi hasil uji T-paired dapat diketahui dengan melalui nilai Sig yang kurang dari 5%. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1 ditolak. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap pemahaman konsep pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Acesta, Arrofa. 2020. “Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran 4(2): 581–86.
Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Feti, Kristanti, Isnarto, and Mulyono. 2019. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Android.” UNNES: 619–25.
Fitria, Maya, and B. K. Jajang. 2020. “Pembelajaran Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iii Sd Pada Materi Wujud Benda Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi.” Jurnal of elemelentary education 3(6): 342–47.
Iis, Aprinawati. 2018. “Pengunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 2(1): 140–47.
Indy, Ryan. 2019. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” HOLISTIK, Journal Of Social and Culture 12(4): 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.
Junaidi, Riko, and Febsri Susanti. 2019. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.” : 1–13.
Ningsih, Deni Sulistiowati. 2019. “Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas Vb SDN 61 / X Talang Babat.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(I): 22–40.
Putri, Rahmatika, Sofia Hartati, and Elindra Yetti. 2019. “Metode Pembelajaran Mind Map Dan Bercerita Dengan Gaya Kognitif , Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 548–60.
Rahayu, Arum Putri. 2021. “Penggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran.” 11(1): 65–80.
Rizki, Ananda & Fadhilaturrahmi. 2018. “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd.” Jurnal Basicedu 2(2): 11–21.
Saputra, Juanda, Agus Triyogo, and Aren Frima. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6): 5133–41.
Sari, Novika Auliyana, and Yuniastuti. 2018. “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(12): 1572–82.
Setyarini, Devi. 2018. “Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” V(2): 30–44.
Sugiyono. 2018. METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ed. Alfabeta. Bandung.
Suhardi, A. 2018. “Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Islam Bagi Mahasiswa Iain Jember.” Indonesian Journal of Islamic Teaching 1(1): 29–44.
Uswatun, Ulfi, and Khasanah. 2019. “PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII Mts NEGERI 4 TULUNGAGUNG.” Skripsi.
Wedyawati, Nelly, and Yasinta Lisa. 2019. PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Zahro, Fakhriyatu, I Nyoman Sudana Degeng, and Alif Mudiono. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Premium Educandum 8(2): 196–205.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.