PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8627Keywords:
Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Model problem solving merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 91 Palembang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain True Experimental Design (posttest only control design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Ramdom Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji mann whitney. Hasil perhitungan data analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 18,4 dan 76 untuk posttest kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji mann whitney menunjukkan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan nilai α = 0,05, sehingga 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pengumpulan dan penyajian data ke las V SD.Downloads
References
Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (Jpmm), 224.
Fatona, F. H., Hartono, Y., & Surmilasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 114.
Arsi, A. (2021). Langkah-Langkah Uji Validitas Reliabilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. 1.
Kartini, Sridana, N., Turmuzi, M., & Baidowi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Griya Journal Of Matematics Education And Application. Hal 24-53
Khotifah, S., Hetilaniar, & Armariena, D. N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Pada Materi Teks Persuasi di SMP Seri Tanjung. Jurnal On Teacher Education, 4, 95.
Muslim, M., Yunus, R., & Sholahuddin, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Journal Of Banua Science Education.Hal 4-53
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10, 99. Hal 34-35
Pahlevi, I., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2020). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Penguasaan Konsep Asam Basa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 12. Hal 4-24.
Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta, Cv.
Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hal 4-13
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta,Cv. Hal 25- 29
Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Hal 1-14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.