PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurfitriyah STKIP NU INDRAMAYU
  • Ririn Andriani Kumala Dewi STKIP NU Indramayu
  • Dinda Luthfiana Rozak STKIP NU Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8623

Keywords:

Model Multisensori, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa supaya menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya. Motivasi belajar sangat berpengaruh dengan prestasi belajar yang hendak dicapai, motivasi yang dimiliki siswa untuk belajar sangat berperan dalam kemajuan dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu. Pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada motivasi yang dimiliki siswa dan kreativitas guru dalam mengajar, siswa yang memiliki motivasi tersebut, sehingga membawa pada pencapaian hasil belajar. Meskipun telah mengetahui pentingnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran namun masih ditemukan kenyataan yang berbeda salah satunya yang ditemukan di UPTD SDN Sukadadi, yaitu (1) Beberapa siswa yang kurang fokus dalam pembelajran, (2) Kegiatan belajar mengajar masih terpusat pada guru, (3) Masih terdapat sebanyak 70% siswa yang nilainya di bawah KKM, (4) Belum pernah diterapkannya model pembelajaran Multisensori. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan desain penelitian Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa UPTD SDN Sukadadi. Sampel yang ditetapkan adalah kelas IV berjumlah 52 siswa terbagi atas 29 siswa kelompok eksperimen dan 23 siswa kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan soal tes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74

Dahry, S. (2020). Peningkatan, Hasil belajar, Mode PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PENGAJARAN TERBALIK. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i1.368

Ferreira, F. M., & Vasconcelos, C. (2020). The Impact of Multisensory Instruction on Geosciences Learning and Students’ Motivation. Geosciences, 10(11), 467. https://doi.org/10.3390/geosciences10110467

Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Jusmawati, Satriawati, Irman, Rahman, A., & Arsyad, N. (2021). Model-model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Penerbit Samudera Biru.

MULYANA, A. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 220–228. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.680

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SEMESTER GANJIL SMK PGRI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sari, R. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamPengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.972

Setiawan, W. (2016). Psikologi Belajar . Wade Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryaratri, R. D., Prayitno, E. H., & Wuryani, W. (2019). The Implementation of Multi-sensory Learning at Elementary Schools in Jakarta. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 100–113. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.08

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Wu, T.-J., & Tai, Y.-N. (2016). Effects of Multimedia Information Technology Integrated Multi-Sensory Instruction on Students’ Learning Motivation and Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(4). https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1552a

Downloads

Published

2023-07-02