HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 1 MIJEN KALIWUNGU KOTA KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8620Keywords:
Kurikulum, Indonesia.Abstract
Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan zaman. Tidak terkecuali dengan kurikulum. Artikel ini dibuat untuk mencoba memaparkan mengenai pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia terhadap kurikulum yang dimulai semenjak sebelum kemerdekaan sampai dengan kurikulum yang digunakan saat ini. Penelitian kepustakaan (library research) menjadi metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini. Objek kajian yang menjadi fokus penelitian yaitu mengenai perkembangan kurikulum serta ciri-ciri yang dimiliki oleh setiap kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di Indonesia sudah banyak mengalami perkembangan, dimulai dari kurikulum sebelum kemerdekaan, kurikulum pada awal kemerdekaan, kurikulum tahun 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, sampai dengan kurikulum tahun 2022. Kontribusi dari artikel ini adalah adanya pemaparan mengenai pengembangan kurikulum yang ada di Indonesia dalam rangka mewujudkan masa depan pendidikan yang lebih berkualitas.Downloads
References
Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY. 4(02), 67–75.
Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/230614535.pdf
Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236–243.
Hakim, L. (2017). Analisis Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 129. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.590.5
Hudaidah, & Ananda, A. P. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108.
Iramdan, I., & Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia Iramdan1,. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 57–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.2678137
Kristiawan, M. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. In UPP FKIP Univ. Bengkulu (Issue February).
Miftachul Jannah, M. I. L. (2018). Kurikulum 1984/CBSA dalam Pengembangan Materi Bahasa Arab. 1(2), 35–40.
Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, IV(1), 49–70.
Perbedaan, D., Kurikulum, D., Beberapa, D. I., Yuliyanti, N., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar Di Indonesia. 11(3), 95–106. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm
Primanita Sholihah, Sofyan Iskandar, Fya Syaikha Fatimah, Rinanda Aprilionita, Shafina Alya Arfaiza, W. H. (2022). Penerapan Kurikulum Prototype pada Masa Pandemi Covid-19. Fondatia, 6, 62–75. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121. https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5019
Ritonga, M. (2018). Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Period. Bina Gogik, 5(2), 1–15.
Toni Nasution, Nadiah Khoiri, Dara Wahyu Firmani, M. F. R. (2022). Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia dan Singapura. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1847–1859. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.