PENGARUH MEDIA STORYJUMPER TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Resa Hafna Auliya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ermawati Zulikhatin Nuroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8514

Keywords:

Media Storyjumper, Reading Comprehension Skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media storyjumper terhadap keterampilan membaca pemahamn siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 Candi Sidoarjo. Keterampilan membaca siswa masih dibawah rata-rata karena siswa hanya memahami materi secara teoritis tanpa menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu beberapa siswa kurang termotivasi untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah 1 Candi Sidoarjo dengan sampel kelas II sebanyak 30 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskrptif meliputi uji validitas, reabilitas, normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji Tpaired. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan nilai sig sebesar 0,000. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media storyjumper berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas II SD tema 7 subtema 1. Kata kunci: Media Storyjumper, Keterampilan Membaca Pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyanawati, Ni Wayan, Ida Bagus, and Surya Abadi. 2021. “Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Divisualisasikan Melalui Media Pembelajaran E-Storybook.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 5(1): 158–66. Agustina, Noni et al. 2016. “Pelatihan Penerapan Electronic Storybook Dalam Di Yayasan Perguruan Birrul Waalidain.” 3(September). Ariawan, Vina Anggia Nastitie, Niken Tri Utami, and Rahman Rahman. 2018. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak.” al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 1(2): 95–104. Arief, Yusuf Al et al. 2022. “Pelatihan Pembuatan Storyjumper Dengan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kelompok Kerja Guru Gugus Kuin Utara Training on Making Storyjumpers with Local Wisdom to Improve Student Motivation in Gugus Kuin Utara Teacher Working G.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 7(3): 413–26. Arsyad, A. 2017. “Media Pebelajaran.” Rajawali Pers. Asrin, Ahmad. 2022. “Metode Penelitian Eksperimen.” Jurnal Maqasiduna: Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial 2(1): 1–

https://journal.mukhlisina.id/index .php/maqasiduna/article/view/24/ 15. Dalman. 2016. “Keterampilan Membaca.” Grafindo Persada. Dewi, Sinta Maria, Anggy Giri Prawiyogi, Aang Solahudin Anwar, and Cici Sri Wahyuni. 2021. “Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1): 453–55. Dr.Benny A.Pribadi, M.A. 2019. “MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN.” Teknologi Pendidikan. Ezeh, Chioma. 2017. “RUANG MULTIMODAL UNTUK TRANSLANGUAGING DIGITAL MENGGUNAKAN STORYJUMPER UNTUK MELIBATKAN BI/MULTIBAHASA DALAM CERITA INTERAKTIF.” 20(2): 118–30. Johan, Gio Mohamad, and Dyoty Aulia Vilda Ghasya. 2018. “Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahamman Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 5(2): 184–98. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasba ngsa/article/view/945/883. Ketut Hari Rameswara, Luh Diah Surya Adnyani, Ni Putu Astiti Pratiwi. 2019. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS STORY JUMPER UNTUK MEMPERKAYA KOSA SISWA TK.” Jurnal Internasioanl : Bahasa dan Sastra 3(3): 147–58. Kurniasih, Noni Agustina dan Okti. 2015. “E-Storybook Berbasis Aktivitas Bercerita Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Eduscience 1(1): 1–13. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/in dex.php/EDU/article/view/1178/1 073. Kurniawan, Ramadi & Helmi. 2014. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dikombinasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN Tatah Pemangkih Laut 1 Kabupaten Banjar.” Jurnal Paradigma 9(2): 25–30.

Laiqoh & Hertiki, Laila. 2022. “PERSEPSI SISWA MENGGUNAKAN STORYJUMPER DALAM BELAJAR BERBICARA.” : 157– 63. Lubis, Azmil Hasan, and Muhammad Darwis Dasopang. 2020. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality Untuk Mengakomodasi Generasi Z.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5(6): 780–91. Mustaqim, Ilmawan. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality.” Jurnal Edukasi Elektro 1(1): 36–48. Nasrudin, N. 2021. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas 2 SDN 02 Karangasem Talun Berbasis ECOMIC.” Action Research Journal 1(2): 194–99. http://journal.kualitama.com/inde x.php/arj/article/view/79%0Ahttps ://journal.kualitama.com/index.ph p/arj/article/download/79/130. Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. 2017. Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian Rahel Sonia Ambarita, Neneg Sri Wulan, D. Wahyudin. 2021. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 2336–44. Sari, Valentina Dyah Arum, and Restu Arini. 2021. “SPARK: Pemanfaatan Platform StoryJumper Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak-Anak Sekolah Dasar.” KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat 2(2): 171–77. Sudiarni, Ni Kadek, and Made Sumantri. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2(1): 71–81. Sugiyono. 2018. “METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Yamat, Nur Athirah binti Mohammad & Hamidah. 2020. “Perspektif Dan Motivasi Siswa Terhadap Cerita Jumper Pada Penulisan Kreatif.” Jurnal Penyelidikan

Sains Sosial 3(7): 1–12.

Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4(1): 28–38.

Downloads

Published

2023-06-18