PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA

Authors

  • Bayu Pamungkas Universitas Negeri Malang
  • Wiwin Suryaningtyas Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Malang
  • Pramono Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8484

Keywords:

Problem Based learning (PBL), Diorama Siklus Air, PTK Kolaboratif

Abstract

ABSTRACT This collaborative classroom action research (PTKK) has a background in the science learning process of water cycle cycle materials. In this study there were various findings: 1) students were less enthusiastic about participating in learning, 2) students were less involved during learning, 3) lack of interest in students participating in learning, 4) learning media that still did not support learning, 5) the value of learning outcomes students who have not reached KKM <80, 6) teachers have not used the right learning model for science material. To overcome the problems that arise, namely by applying innovative learning models and learning media that can be applied to science learning on the water cycle material is the application of the Problem Based Learning (PBL) model with the help of water cycle Diorama media. This research was conducted at SDN 1 Mlilir in class V. This research was a collaborative classroom action research (PTKK) in which students, teachers and lecturers were involved in the preparation of PTKK. This research was carried out by giving a pre-test and post-test in order to determine the increase in student learning outcomes. The conclusion of this PTKK research is that the application of the Problem Based Learning (PBL) model with the help of water cycle Diorama Media can improve the learning outcomes of fifth grade elementary school students in science subjects on the water cycle material. So that in learning these models and media are effective and recommended to be applied. ABSTRAK Penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) ini berlatang belakang pada proses pembelajaran IPA materi daur siklus air. Pada penelitian ini terdapat berbagai temuan: 1) peserta didik kurang antusias mengikuti pembelajaran, 2) peserta didik kurang terlibat selama berlangsungnya pembelajaran, 3) kurangnya minat peserta didik mengikuti pembelajaran, 4) media pembelajaran yang masih belum menunjang pembelajaran, 5) nilai hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM <80, 6) guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk materi IPA. Untuk mengatasi permasalahan yang muncul yaitu dengan menerapkan model pembelajaran serta media pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA materi siklus air ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media Diorama siklus air. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Mlilir pada kelas V. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dimana mahasiswa, guru dan dosen terlibat dalam penyusunan PTKK. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan pre-test dan post-test guna untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan penelitian PTKK ini penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan Media Diorama siklus air dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Sehingga dalam pembelajaran model dan media ini efektif dan direkomendasikan untuk diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

de, S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI (Fahmi Irfan (ed.)). kencana.

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia karena Belajar. Sabilarrasyad, 2(1), 67.

Arikunto. (2010). PENELITIAN TINDAKAN KELAS: Vol. VI (Issue 1). Bumiaksara.

Direktorat P2TK KPT Ditjen Dikti. (2006). Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research).

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013

Gemnafle Mathias, B. J. (2021). Manajemen Pembelajaran. Universitas Pattimura, Vol. 1. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jppgi2019/article/view/3152/2559

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nana, H. (2021). Model-model Pembelajaran SD (Adpani (ed.); Cetakan ke). Multikreasi Press.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Pardomuan, M. J. N. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Sri, G. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DAN MEDIA DIORAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT. SD NEGERI 20 BARINGIN. Ensiklopedia of Journal, Vol. 3.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796

Sumiharsono, rudy. (2018). Media Pembelajaran (A. Dedy (ed.)). Cv. Pustaka Abadi.

Susilowati, D. (2018). Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Dwi Susilowati. Edunomika, 02(01), 36–46.

Tahrim Tasdin, patawari firman, nahrudin ali. (2021). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN (Kholik Nur (ed.)). Edu Publisher.

Downloads

Published

2023-07-09