IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI ASPEK PROSES DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B DI SDN 94 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8447Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil BelajarAbstract
Berdasarkan prasiklus yang dilakukan pada tanggal 4 Mei 2023 dengan pada umumnya hasil berlatih partisipan ajar kelas IV 45% yang belum penuhi KKM yang didetetapkan ialah 70, perihal ini bisa diamati sebesar 9 partisipan ajar dari 20 partisipan ajar terletak dibawah KKM. Buat menanggulangi kasus itu, hingga butuh dicoba Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Riset ini bermaksud buat mengenali aplikasi penataran berdiferensiasi pandangan cara dalam usaha tingkatkan hasil berlatih partisipan ajar kelas IV B di SDN 94 Palembang. Riset ini ialah riset aksi kategori yang dipecah jadi 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari pemograman, penerapan aksi, pemantauan, serta penilaian. Riset dilaksanakan pada partisipan ajar kelas IV B semester genap di SDN 94 Palembang Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun hasil riset yang dilaksanakan pada 20 partisipan ajar, kenaikan hasil berlatih ditunjukkan dari kenaikan pada siklus III. Pada siklu I partisipan ajar yang telah menggapai KKM berjumlah 16 partisipan ajar (80%), sebaliknya partisipan ajar yang belum berakhir berjumlah 4 partisipan ajar (20%) dengan angka pada umumnya 86,5. Namun terjalin penyusutan dari siklus I ke siklus II sebab sebagian penanda yang pengaruhi partisipan ajar dalam cara berlatih serta hasil berlatih. Ada pula partisipan ajar yang telah tuntas diatas KKM jadi 14 partisipan ajar (70%), sebaliknya partisipan ajar yang belum tuntas berjumlah 6 partisipan ajar (30%) dengan angka pada umumnya 85,5. Pada siklus III partisipan ajar yang telah tuntas berjumlah 18 partisipan ajar (90%), sebaliknya partisipan ajar yang belum tuntas berjumlah 2 partisipan ajar (10%) dengan angka pada umumnya 89,5.Downloads
References
Amin, Y., Siswanto, J., Untari, M., & Kanitri, N. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI ASPEK PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SDN PEDURUNGAN KIDUL 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1998), 653–664.
Ayu, E. S. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIB SDN 007 Sagulung. Biodidak, 2(2), 119–129.
Bloom. (2017). Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta.
Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas Vii Smp. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278. https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan , Volume 1 N(September 2021), 1–12.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore. Singapura: Springer Science+Business Media.
Norma, H. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS XII SMA NEGERI 6 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JULAK: Jurnal Pembelajaran & Pendidik, 2(3), 135–144.
Samuel, L. (2019). Metode Penelitian Tindak Kelas. Jurnal Pendidikan, 1–3.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tomlinson, C. A. (2001). How To Differentiate Instruction IN Mixed-Ability Classrooms. In Toxicology (Vol. 44, Issue 1). Virginia USA: ASCD. https://doi.org/10.1016/0300-483X(87)90046-1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.