Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Gedangsewu 3 Dalam Pembelajaran IPAS Khususnya Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Melalui Pop-Up Book dengan Model PjBL

Authors

  • Sekar Rizka Uliana Sekar Universitas Muhammadiyah Malang
  • Falistya Roisatul Mar’atin Nuro PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Siswati SDN Gedangsewu 3 Pare

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8426

Keywords:

Hasil Belajar, PPop-Up Book, IPAS, PjBL

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media Pop-Up Book dengan model PjBL dalam pembelajaran IPAS khususnya materi siklus hidup makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Gedangsewu 3. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data melalui teknik pemberian tes, wawancara, observasi dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gedangsewu 3 yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh data awal siswa yang kategori tuntas 4 orang atau persentase ketuntasan klasikal 20%. Pada siklus 1 banyak siswa yang tuntas 10 orang persentase ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan Siklus II banyaknya siswa yang tuntas 19 orang, persentase ketuntasan klasikal 95%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media Pop UP Book dengan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. Gede, (2017). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja : STKIP.

Agung, A. A. Gede (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja : STKIP Singaraja.

Arikunto, 2019. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Nuryati, Dwi Wahyu. 2020. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi. Educate..

Yulianti. 2021. “PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK, UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV-C SDN PENDEM 01 JUNREJO KOTA BATU.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH) 1(4):2013–15.

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Biology Science & Education.

Downloads

Published

2023-06-19