PENGGUNAAN LKPD IPAS BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA PESERTA DIDIK KELAS IV SD
PENGGUNAAN LKPD IPAS BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA PESERTA DIDIK KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8419Keywords:
LKPD IPAS, Experiential Learning, Hasil Belajar, Materi GayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan LKPD IPAS berbasis experiental learning pada pembelajan langsung dan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah belajar menggunakan LKPD IPAS berbasis experiental learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data penelitian berupa hasil pretest dan postest yang dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan jika pada siklus I hasil belajar peserta didik masih kurang yakni hanya 15 anak yang mencapai KKM dengan ketuntasan belajar sebesar 52%. Kemudian, pada siklus II terdapat 25 anak yang mencapai KKM atau ketuntasan belajar 86% berpredikat baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD IPAS berbasis experiental learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengaruh gaya terhadap benda kelas IV sekolah dasar.Downloads
References
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendas, 4(1), 1–7.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Devega, A. T., Irfan, D., Wakhinuddin, & Jasman, M. M. M. I. (2020). Implementasi LKPD IPA Berbasis Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Masa Pandemi. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15.
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 2(1), 284.
Latip, A. E. (2018). Evaluasi pembelajaran di SD dan MI. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Bioeduscience, 2(1), 74.
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/53304
Megariyani, K., Mursidik, E. M., & Listiani, I. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan pemahaman Konsep Gaya Magnet Melalui Modul Kartun Berbasis Experiental Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 15. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5287
Mihardi, A., & Solfitri, T. (2021). Developing Learning Instruments Based On Experiential Learning Model On Subject Of Circle For 8th Grade Students Of Junior High School. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/prinsip.v4i1.97
Nurdin, S., & Andiantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhayati, A., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Gesek. 1(1), 131–140.
Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–76.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Royani, A. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 294. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.67
Sentosa, I. P. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar di Masa Pandemi dengan Pembelajaran Numbered Head Together. Universitas Dhyana Pura, 1(2), 145–154.
Sholiha, D. ., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning pembelajaran matematika MTs materi bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185.
Silberman, M. (2014). Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media.
Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA, teori dan praktik. Bandung: Rizqi Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.