PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS 5 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8413Abstract
ABSTRACT The background of this research is that in the science learning process on the water cycle material: 1) teachers still use conventional methods, 2) teachers do not apply learning models, 3) students are less involved during the learning process, 4) more students tend to passive when participating in learning, 5) lack of interest of students in participating in learning, and 6) there are still many students who score below KKM <75. To overcome the problems that arise, namely by applying an effective and innovative learning model chosen in science learning on the water cycle material in this study is the Problem Based Learning (PBL) model. The subjects of this research were the 5th grade students of SDN Mojoroto 6, Kediri City. This research is Collaborative Classroom Action Research (PTKK) in which students, teachers and lecturers are involved in the implementation of PTK. This research was carried out by providing pre-cycle measures to determine initial abilities and continued with the implementation of a cycle of 2 cycles. This study uses data collection techniques in the form of tests to measure learning outcomes in the form of pre-test and post-test. it was concluded that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model could improve the learning outcomes of 5th grade elementary school students in the natural science subject on the water cycle. Therefore, in learning this model is quite effective and has recommendations to be applied. ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran IPA pada materi siklus air bahwa : 1) guru masih menggunakan metode konvensional, 2) guru tidak menerapkan model pembelajaran, 3) peserta didik kurang terlibat selama proses pembelajaran, 4) lebih banyak peserta didik yang cenderung pasif ketika mengikuti pembelajaran, 5) kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dan 6) masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM <75. Untuk mengatasi permasalahan yang muncul yaitu dengan menerapkan model pembelajaran efektif dan inovatif yang dipilih dalam pembelajaran IPA pada materi siklus air dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Mojoroto 6 Kota Kediri. Penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dimana mahasiswa, guru dan dosen bersama – sama terlibat dalam pelaksanaan pembuatan PTK. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan tindakan pra-siklus untuk mengetahui kemampuan awal dan dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus sebanyak 2 siklus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengukur hasil belajar yaitu berupa pre-test dan post-test. disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Oleh karena itu, dalam pembelajaran model ini cukup efektif dan memiliki rekomendasi untuk diterapkan.Downloads
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat P2TK KPT Ditjen Dikti. 2006. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Jakarta: Direktorat P2TK KPT Ditjen Dikti Depdiknas.
Hanifah, Nisrina. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Imas Kurniasih & Berlin Sani.2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jogjakarta:Kata Pena.
Nugraha, W. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10 i2.11907
Oktaviani, L. & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 10–15.
Ramadhani, Hanitia Putri. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Universitas Sebelas Maret. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 1 Tahun 2021.
Rusman.2011. Model – Model Pembelajaran Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA.
Siti Amalia, dkk. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIKLUS AIR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMIK DI KELAS V. DIdaktik : Jurnal PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 9 Nomor 2 Tahun 2023.
Sumiyati, yeti. (2016). Penerapan Model Learning cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Proses Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 41–50
Suyanto dan Hisyam, Djihad. 2002. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuniawardani, V., & Mawardi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Yusita, dkk. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, Volume 4 Nomor 2, 174-182
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.