PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abdul Hamid FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno FIP Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8367

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada Tema 7 Sub Tema 2 dikelas IV MIS Nurussalam Palang. Penelitian  menggunakan metode eksperimen.Hasil belajar dan aktivitas siswa dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 67.45 dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata posttest 86.41, nilai rata-rata pretest kelas kontrol 62.28 dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata posttest 71.17. Namun dari hasil posttest, rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil kelas kontrol. Hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 10.107 dengan ttabel 2.028, maka dapat dilihat hasil thitung kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan, yaitu jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media big book terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil observasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yakni sebesar 10,98% dan menunjukkan presentase yang besar dengan nilai 84,96%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media big book berpengaruh terhadap aktivitas  dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-19

Most read articles by the same author(s)