UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN NILAI PANCASILA MELALUI MEDIA WATERFALL CARD PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN PUNTEN 1 BATUThis study aims to increase students' understanding of Pancasila values through the Waterfall Card Media for Grade 5 Students at SDN Punten 1 B

Authors

  • Kirana Puja Pradana PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hendarto Cahyono PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nur Suhartanti SD Negeri Punten 1 Kota Batu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8359

Keywords:

Waterfall Card, Values Of Pancasila, PPKN

Abstract

This study aims to increase students' understanding of Pancasila values ​​through the Waterfall Card Media for Grade 5 Students at SDN Punten 1 Batu. In this study, researchers used classroom action research (CAR) techniques to find out what problems were interfering with the learning process, there were several problems in the direct research satt, namely students during the PPKN learning process on Pancasila values ​​were less active, passive and tended to only pay attention to the teacher when explaining. So with this the researcher took action, namely using Waterfall Card media during the learning process. And the results obtained in the use of this media students are very enthusiastic during the learning process so that students can understand the material to the fullest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Ramadhan, (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternative Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Local Dan Penulisan Artikel Iomiah Sesuai Dengan Kurikulumtahun 2023 Di Madrasah Tsawiyah Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1.

Aziz, (2018). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 11 Nomor 2.

Dwi Tri Santosa, (2016). Factor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Sepeda Motor. Edisi XIII Nomoe 2.

Dian Novita Fitriani, (2018). Kajian Tentang Oral Document Tinjauan Pada Gerakan Dokumentalis Baru. Visi Pustaka, Volume 2 Nomor 1.

Erina Dwi Aryani, (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Gema Keadilan, Volume 9 Edisi Iii.

Fadilah Idris (2022) Pengaruh Animasi Audio Visual Terhadap Presepsi Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran Ips Kelas V Jurnal Pendidikan Dasar.

Julia Bea Kurniawaty (2022), Penerapan Sila Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kebinekaan Dan Wawasan Kebangsaan. Volume 1 Nomor 2.

Ketut Sumiati (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.

Melani Khalimatu Sadiyah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Tembusai, Volume 6 Nomor 2.

Muhammad Rijal Fadli, (2022). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Kajian Ilimiah, Volume 21 Nomor 1.

Nur Khosiah, (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pacasila Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Studi Keislaman. Volume 6 Nomor 1.

Novita Dian Pancasari Gabriela, (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Auidio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 2 Nomor 1.

Syifaul Adhimah, (2020). Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 9 Nomor 1.

Septevan nanda yudisman (2021). Analisis perbandingan tokoh perpustakaan paul otlet dan sulistyo, basuki tentang dokemtasi. jurnal LIBRA. Volume 2 nomor 2.

Sidik, (2019). Implementasi Model Waterfall Pada Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, Volume V Nomor 2.

Sujono AR, (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 20 Nomor 1.

Wahidmurni, (2017). Penerapan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Keguruan Malang.

Wendy Anugrah (2019) Upaya Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Terhadap Siswa Melalui Kegiatan Penyuluhan. Jurnal Pendidikan Tunggal Ika, Volume 6 Nomor 2.

Published

2023-06-08